Revitalitasi Rampung, Museum Nasional Kini Mengusung Konsep Baru
REVITALITASI TUNTAS: Seorang pramuwisata melihat arca Mahakala yang dipajang di Museum Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (11/10). (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)
11:57
12 Oktober 2024

Revitalitasi Rampung, Museum Nasional Kini Mengusung Konsep Baru

– Setelah setahun menjalani serangkaian revitalisasi ekstensif akibat insiden kebakaran, Museum Nasional Indonesia (MNI) siap dibuka kembali. Tak sekadar bersolek, MNI juga mengusung konsep baru.

Indonesian Heritage Agency (IHA) mengumumkan MNI akan kembali dibuka untuk masyarakat pada Selasa (15/10). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala IHA Ahmad Mahendra menjelaskan, konsep reimajinasi MNI itu merupakan pendekatan dan inovasi untuk mentransformasi cara pengunjung melihat dan berinteraksi dengan museum.

Tata pamer MNI diubah. Narasi setiap gedungnya akan disesuaikan minat dan kebutuhan publik. ’’Sehingga menjadikan museum dapat bergerak dengan dinamis dan tetap relevan sebagai pusat edukasi dan rekreasi publik, khususnya generasi muda,’’ ujarnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, revitalisasi itu sekaligus mengubah wajah baru MNI. MNI kini hadir dengan fasilitas yang telah diperbarui. Yakni, dengan pameran interaktif dan pengalaman edukatif yang lebih mendalam agar museum menjadi sumber pengetahuan dan inspirasi yang menyenangkan.

’’Kami berharap, semangat reimajinasi warisan budaya Indonesia yang dimulai dari Museum Nasional Indonesia dapat memotivasi seluruh insan permuseuman untuk mengoptimalkan potensi warisan budaya Indonesia,’’ ujar Muhadjir.

Selain itu, dia juga berpesan agar musibah kebakaran MNI pada 16 September 2023 lalu dijadikan pengingat. Sehingga nanti semua pihak bisa senantiasa menjaga kerangka kesejarahan tersebut. (mia/wan/c6/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #revitalitasi #rampung #museum #nasional #kini #mengusung #konsep #baru

KOMENTAR