GM Mendukung Ada Pameran Seni Besar di Surabaya
PRODUKTIF: Karya-karya seniman cum sastrawan Goenawan Mohamad (kanan) dipajang dalam gelaran Art Jakarta 2024 yang berlangsung di JIEXPO Kemayoran mulai Kamis (4/10) hingga Minggu (6/10). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)
12:48
6 Oktober 2024

GM Mendukung Ada Pameran Seni Besar di Surabaya

- Jakarta kembali menjadi "tuan rumah" salah satu pameran seni rupa terbesar di Asia Tenggara. Kamis (4/10), Art Jakarta resmi dibuka di JIEXPO Kemayoran dan pameran itu menjadi "rumah" bagi 73 galeri seni.

Galeri dari dalam negeri maupun luar negeri ambil bagian di ajang tersebut. Galeri-galeri manca datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Rusia, dan Australia.

Deretan nama galeri seni yang turut meramaikan Art Jakarta kali ini di antaranya Art+ Contemporary, Art Agenda, Art:1, ArtSociates, ArtSerpong Galery, Mizuma Gallery, Museum of Toys, Nadi Gallery, Sankhara Art, Semarang Gallery, Srisasanti Gallery, dan Vinautism Gallery. Art Jakarta berlangsung hingga besok (6/10).

UNIK: Sejumlah patung yang dipajang di area Galeri Sankhara Art menarik perhatian pengunjung Art Jakarta dalam pembukaannya Kamis (4/10). (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Dalam pantauan Jawa Pos sejak pembukaan pameran pukul 15.00 WIB, pengunjung langsung ramai. Beberapa perupa dan kolektor juga hadir. Salah satunya sastrawan cum seniman Goenawan Mohamad.

Kebetulan, beberapa karya seni rupa GM, sapaan akrab Goenawan Mohamad, meramaikan pasar seni tersebut. Karya GM dipamerkan oleh galeri ArtSociates Bandung. Kepada Jawa Pos, GM berharap bursa karya seni serupa juga digelar di kota-kota besar lain di Indonesia. Dan Surabaya salah satunya.

Hal itu bisa membuat kesenian di Kota Pahlawan tidak mati suri. ”Jadi, sudah saatnya ada galeri-galeri dan ada pameran besar (di Surabaya, Red),” ujar GM kemarin.

NUANSA BAHARI: Mannerist karya Yudi Sulistyo x Mulyana (Galeri Zen1) menunjukkan aneka biota laut dengan sebuah kapal di atasnya. (FEDRIK TARIGAN/JAWA POS)

Selain itu, GM juga berharap pemerintah memberikan perhatian lebih besar terhadap dunia seni rupa. Layaknya di Singapura, terdapat museum modern yang ikut memamerkan karya-karya seniman Indonesia.

”(Kalau di Indonesia, Red) pejabat kita itu tidak begitu tertarik (dengan museum seni). Lihat saja IKN (Ibu Kota Nusantara, Red), mana ada dipikirkan (bangun) museum?” ujar wartawan senior tersebut.

Sementara itu, Fair Director Art Jakarta Tom Tandio mengatakan, pergelaran ke-14 Art Jakarta disebutnya semakin baik. Sebab, luasan lahan pameran tahun ini lebih besar ketimbang Art Jakarta edisi sebelumnya. Sebelumnya, Art Jakarta hanya menempati dua ruangan di JIEXPO Kemayoran, yakni hall B3 dan C3. Maka, pada edisi kali diperluas hingga ke hall C1. (tyo/c6/dra)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #mendukung #pameran #seni #besar #surabaya

KOMENTAR