Ragam Sindiran Google kepada Apple Saat Peluncuran Pixel 9
Google Pixel 9. [Google]
10:24
19 Agustus 2024

Ragam Sindiran Google kepada Apple Saat Peluncuran Pixel 9

- Google kembali menyindir Apple saat peluncuran Pixel 9 pada 13 Agustus 2024 kemarin. Sindiran Google tersebut ramai di media sosial.

Google meluncurkan seri Pixel 9 yang telah lama ditunggu-tunggu di acara Made by Google pada tanggal 13 Agustus.

Pada kesempatan tersebut, Google sukses memamerkan ponsel andalannya dan fitur AI terbaru. Namun, acara mendapat sorotan karena Google secara tidak langsung seolah menyentil Apple pada momen tersebut.

Seperti diketahui, Google dan Apple memang lama terlibat persaingan. Dan belakangan ini, keduanya "berkompetisi" dalam hal teknologi AI.

Baca Juga: 10 HP Terlaris di Dunia Pada 2024, Xiaomi Berhasil Menyempil

Apa yang disindir Google?

Karena fokus Google pada perilisan tersebut adalah memperkenalkan ponsel dengan dukungan AI, maka Apple Intelligence milik perusahaan Apple menjadi bahan sindiran mereka.

Sebagaimana diketahui, Apple menghadapi pengawasan ketat setelah mengungkapkan bahwa fitur AI-nya akan bergantung pada ChatGPT OpenAI untuk beberapa fungsi.

Fungsi-fungsi yang dimaksud mencakup menghasilkan teks dari awal atau menghasilkan konten fotorealistik atau menangani permintaan seperti membuat resep makanan.

Hal inilah yang kemudian disindir Google. Perusahaan tersebut mengklaim bahwa Gemini buatan mereka cukup mampu menjawab pertanyaan yang rumit dan tidak menyerahkan tugas ke layanan AI lain.

Baca Juga: iPhone 16 Pro Bawa 4 Varian Warna Ini, Beda Jauh dari Seri Sebelumnya?

“Gemini terintegrasi secara mendalam dengan aplikasi Google dan Android dan dapat menangani pertanyaan yang rumit tanpa menyerahkannya ke penyedia AI pihak ketiga yang mungkin tidak Anda kenal atau percayai," kata mereka.

Bukan hanya itu, inilah beberapa sindiran Google kepada Apple

1. Google Gemini berbicara dalam bahasa pengguna, sedangkan Siri Apple masih belajar

Google memamerkan kekuatan linguistikny, dengan membanggakan bahwa Gemini "tersedia di seluruh dunia saat ini, jauh melampaui penutur bahasa Inggris dan satu pasar."

Kebanggaan poliglot ini merupakan sindiran yang jelas terhadap fitur AI Apple yang akan datang, yang awalnya hanya akan melayani orang Amerika yang berbahasa Inggris.

2. Google menyindir kemitraan OpenAI antara Apple dan pembuat ChatGPT: “Tanpa mengirimkan data pribadi Anda ke penyedia pihak ketiga”

Dalam referensi yang samar-samar terhadap kemitraan OpenAI Apple, Google menekankan komitmennya terhadap privasi data.

Mereka mengklaim bahwa Gemini akan menangani pertanyaan rumit pengguna di dalam cloud milik mereka sendiri.

Oleh sebab itu, pertanyaan pengguna tidak akan "dikirim" dan ditangani oleh pihak ketiga seperti halnya rencana perusahaan Apple.

"Gemini dapat menangani pertanyaan pribadi yang rumit semacam ini dalam cloud aman milik Google sendiri tanpa mengirimkan data pribadi Anda ke penyedia AI pihak ketiga," kata Sameer Samat, yang mengkritik Siri yang disempurnakan ChatGPT milik Apple.

Itulah beberapa sindiran Google kepada Apple yang bikin geger jagad pergadgetan belakangan ini. Bagaimana menurutmu?

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #ragam #sindiran #google #kepada #apple #saat #peluncuran #pixel

KOMENTAR