Dari Restoran Hingga Klinik, Bisnis UKM Siap Naik Level dengan Teknologi Canggih!
Ilustrasi era digitalisasi (Freepik/Raw pixel)
10:08
30 Juli 2024

Dari Restoran Hingga Klinik, Bisnis UKM Siap Naik Level dengan Teknologi Canggih!

Kerja sama antar penyedia sistem kasir digital Moka - POS dari GoTo Financial dengan penyedia ekosistem solusi bisnis digital Indibiz dari Telkom Indonesia, Indibiz.

Keduanya memberi nilai tambah besar bagi pelaku usaha di Indonesia khususnya untuk UKM di wilayah Jabodetabek.

Kerja sama tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh wilayah Indonesia.

"Untuk saat ini, baru bisa dinikmati oleh UKM di wilayah Jabodetabek," ujar VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno dalam keterangan resminya, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Manfaatkan Platform Digital, Remen Jawi Lestarikan Budaya Jawa di Generasi Muda

Selanjutnya, dia menambahkan, akan diperluas perbesar jangkauannya ke Jawa-Bali dan nation wide.

Indibiz terus menjalin sinergi dengan berbagai startup dan developer untuk membantu akselerasi digital bisnis UKM di berbagai daerah di Indonesia.

Ilustrasi UMKMIlustrasi UMKM

Sebagai informasi, kerja sama Indibiz dengan Moka POS ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor bisnis UKM.

Mulai dari F&B, pertokoan, perhotelan, hingga layanan kesehatan. Fitur yang dihadirkan juga mendatangkan keuntungan bagi UKM.

Mulai dari proses manajemen pesanan yang lebih mudah, m. Mengelola laporan penjualan harian, stok barang dan perhitungan pajak.

Baca Juga: Sumbangsih Pajak Kripto Rp 798,84 Miliar untuk Pembangunan Ekonomi Digital

Membantu operasional bisnis dengan menggunakan dashboard, manajemen cabang, CRM, dan survey pelanggan, serta mengatur promo berupa diskon, bundle, dan program loyalty program dalam satu platform.

Pemilik usaha akan memiliki sistem point of sale (POSoS) yang terintegrasi dan multi fungsi.

POS sendiri bisa diartikan sebagai sistem kasir yang pada hal ini menerapkan sistem komputisasi awan, atau biasa disebut cloud, yang membuat semua proses transaksi dan bisnis yang terjadi terekam secara akurat dan real time.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menambahkan bahwa kerja sama ini disambut sangat baik oleh pelaku UKM di daerah, khususnya di wilayah Jabodetabek.

Hal ini menjadi bukti bahwa posisi Indibiz semakin kuat sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom di daerah di Indonesia.

“Harapan kami, pemilik bisnis di berbagai sektor di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengakselerasi digital bisnis mereka,” pungkasnya.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #dari #restoran #hingga #klinik #bisnis #siap #naik #level #dengan #teknologi #canggih

KOMENTAR