Khusus Gamers! Urutan Chipset Terbaik untuk Game Tahun 2024, Jangan Salah Pilih Smartphone
Chipset smartphone terbaik untuk game 2024. (Kolase/Mediatek/Apple)
17:48
25 Juli 2024

Khusus Gamers! Urutan Chipset Terbaik untuk Game Tahun 2024, Jangan Salah Pilih Smartphone

Jika kamu berencana membeli HP gaming, pilihlah perangkat dengan chipset yang memang didesain untuk kebutuhan grafis tinggi. Simak nih, urutan chipset terbaik untuk game terbaru di tahun 2024.

Chipset yang cepat dilengkapi dengan GPU (Graphics Processing Unit) yang kuat. GPU yang kuat dapat menangani grafis tinggi dalam game, memberikan visual yang lebih baik, detail yang tajam, dan pengalaman yang lebih imersif. Ini termasuk rendering real-time, tekstur, dan efek khusus seperti ray tracing.

Chipset yang cepat memiliki CPU (Central Processing Unit) juga mampu memproses data dengan cepat. Ini berarti game dapat berjalan dengan lancar tanpa lag atau jeda. Ini penting untuk game dengan aksi cepat atau multiplayer online di mana setiap milidetik penting.

Nah, simak yuk urutan chipset terbaik untuk game terbaru di tahun 2024.

Baca Juga: HP Murah Redmi 14C Terdaftar di IMEI, Debut Bareng Redmi Note 14 Pro?

1. MediaTek Dimensity 9300+

MediaTek Dimensity 9300+ merupakan chipset dengan spesifikasi paling unggul dari semua produk MediaTek saat ini. Menempati posisi teratas sebagai chipset terbaik untuk gaming di HP, prosesor ini didesain sedemikian rupa demi pengalaman gaming yang all-in.

Dilansir dari situs MediaTek, chipset ini menggunakan CPU All-Big-Core untuk meningkatkan performa kecepatan Arm Cortex-X4. Selain itu, mesin AI generatif MediaTek NPU 790 di dalamnya juga memungkinkan komputasi AI edge lebih cepat dan aman.

Mendukung berbagai permainan ponsel bahkan yang berat sekalipun, MediaTek Dimensity 9300+ dapat digunakan untuk game online 90FPS dalam HDR dengan efisiensi daya hingga 20 persen lebih baik. Teknologi Mobile Raytracing-nya juga menjanjikan pengalaman gaming 60FPS yang mulus.

Ponsel dengan chipset MediaTek Dimensity 9300+ di antaranya:

Baca Juga: Vivo V40 Pro Pakai Kamera Serba 50 MP, Siap Tantang Xiaomi 14T Series

  • vivo X100s
  • vivo X100s Pro
  • iQOO Neo 9s

2. Apple A17 Pro

Bukan rahasia jika smartphone rilisan terbaru iPhone selalu menjadi produk yang ditunggu. Selain karena kameranya, ponsel besutan Apple ini juga terkenal mulus untuk game berat. Hal ini tentu saja berkat cipnya. Chip terbaru, A17 Pro, disebut-sebut sebagai yang terbaik.

Salah satu fitur unggulannya adalah ray tracing yang membuat pencahayaan dalam pemandangan hasil render 3D terlihat sangat realistis. Selain itu, MetalFX Upscaling yang dikombinasikan dengan GPU dan Neural Engine membuat baterainya tahan lama.

Sebagai cip eksklusif dari Apple, chipset ini bukan pesaing langsung dari berbagai cip lain seperti Snapdragon maupun MediaTek. Meski demikian, Android Authority mencatat bahwa A17 Pro bekerja lebih baik untuk game lintas platform, seperti Resident Evil Village.

Ponsel dengan chipset A17 Pro: iPhone 15 Pro

 Snapdragon 8 Gen 3 Premium. [Qualcomm]Snapdragon 8 Gen 3 Premium. [Qualcomm]

3. Snapdragon 8 Gen 3

Chipset terbaik untuk gaming di HP berikutnya adalah Snapdragon 8 Gen 3. Cip ini dibuat dengan kombinasi epik, mulai dari kemampuan AI generatif, performa tingkat premium, dukungan fitur game yang setara bahkan melebihi konsol, hingga kualitas audio.

AI Engine-nya mendukung AI generatif hingga 10 miliar parameter yang menghasilkan kinerja lebih cepat. Sementara itu, CPU Qualcomm Kyro dan GPU Qualcomm Adreno dikatakan meningkatkan kinerja hingga 30 persen dengan rendering grafis 25 persen lebih cepat.

Cip ini juga mendukung Snapdragon Elite Gaming yang menghadirkan dukungan layar hingga 240 Hz dan pengalaman 240 FPS, membuat tampilan menjadi mulus dan bebas lag untuk gaming.

Ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 di antaranya:

  • Samsung Galaxy S24 Ultra
  • ASUS ROG Phone 8 Pro
  • iQOO 12 Pro

Sebagian besar chipset terbaik untuk gaming di atas digunakan pada perangkat kelas flagship. Oleh karena itu, mereka kerap dikombinasikan dengan berbagai spesifikasi fisik yang mendukung pengalaman bermain game semakin mantap.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #khusus #gamers #urutan #chipset #terbaik #untuk #game #tahun #2024 #jangan #salah #pilih #smartphone

KOMENTAR