Survei Ungkap Merek HP dengan Fitur AI Terbaik, Samsung Kalahkan Google
HP Samsung Galaxy S24 dengan Layar AMOLED. [Samsung]
08:24
25 Juli 2024

Survei Ungkap Merek HP dengan Fitur AI Terbaik, Samsung Kalahkan Google

Survei terbaru dari Reasense mengungkap deretan merek HP dengan fitur AI terbaik di Indonesia. Samsung memuncaki daftar dan berhasil mengalahkan Google Pixel.

Sebagai informasi, berbagai raksasa teknologi kini berbondong-bondong mengembangkan fitur Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Samsung diketahui cukup agresif dalam membenamkan fitur AI di berbagai HP flagship yaitu Galaxy S24 series hingga Samsung Galaxy Z Fold6.

Survei terbaru dari Reasense, divisi riset SEQARA Communications, mengungkapkan preferensi konsumen Indonesia terhadap perangkat smartphone berteknologi Artificial Intelligence (AI).

Baca Juga: Futuristik, Samsung Siapkan HP Layar Lipat yang Bisa Berputar 180 Derajat

Survei cepat atau quick survey ini melibatkan lebih dari 100 responden yang mewakili konsumen di berbagai kota di Indonesia melalui komunitas pengguna smartphone.

Hasil survei menunjukkan bahwa Samsung (29,00 persen) dan Google Pixel (27,50 persen) menjadi smartphone dengan fitur AI terbaik, diikuti oleh Apple (20,30 persen) dan OPPO (18,80 persen). Berikut deretan merek HP dengan fitur AI terbaik menurut survei dari Reasense:

  • Samsung
  • Google Pixel
  • Apple
  • OPPO

Lebih lanjut, survei Reasense ini juga menemukan bahwa 18,80 persen konsumen bersedia untuk membayar lebih untuk mendapatkan smartphone AI yang lebih canggih.

Namun demikian, 66,70 persen responden lainnya menyatakan bahwa mereka masih mempertimbangkan untuk membayar lebih, tergantung pada fitur AI yang ditawarkan oleh produsen smartphone.

Survei ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia semakin sadar potensi teknologi AI dalam sebuah smartphone. Mereka menginginkan smartphone yang dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari, seperti mengoptimalkan performa, meningkatkan efisiensi, dan personalisasi pengalaman pengguna," kata Aryo Meidianto A, selaku Analis Pasar Smartphone dan Senior Consultant di SEQARA Communications.

Baca Juga: Huawei Watch GT 5 Siap Masuk ke Indonesia, Bawa HarmonyOS Anyar

Melalui laporan terpisah, firma riset Canalys mengungkap, Samsung berhasil menguasai pasar smartphone global pada kuartal kedua 2024. Raksasa teknologi Korea Selatan ini berhasil mengalahkan Apple, Xiaomi, Vivo dan Transsion Holding.

Berdasarkan data Statista, Samsung Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip series masih menguasai pasar HP lipat dengan gabungan pangsa pasar 61 persen pada 2023 lalu.

HP lipat Samsung mengungguli Oppo Find N, Microsoft Surfece Duo, Xiaomi Mix Fold, dan Huawei Mate X2.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #survei #ungkap #merek #dengan #fitur #terbaik #samsung #kalahkan #google

KOMENTAR