XL Axiata Gelar Pelatihan Kompetensi Digital dan Program Siap Kerja Buat Disabilitas
Pelatihan Kompetensi Digital XL Axiata
17:24
24 Juli 2024

XL Axiata Gelar Pelatihan Kompetensi Digital dan Program Siap Kerja Buat Disabilitas

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menggelar rangkaian pelatihan peningkatan kompetensi digital bagi para penyandang disabilitas.

Selain pelatihan Pesantren Disabilitas, XL Axiata juga telah menyiapkan pelatihan untuk mempersiapkan penyandang disabilitas memasuki dunia kerja.

Bahkan, pada September 2024 mendatang, kantor operator telekomunikasi ini akan membuka program magang kerja bagi penyandang disabilitas.

Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, melihat masih banyak dari para disabilitas ini belum memiliki dukungan yang cukup untuk dapat meningkatkan dan memiliki kompetensi yang memadai.

"XL Axiata berkomitmen menjalankan berbagai program yang sejalan dengan prinsip SDG’s (Social Development Goals), secara khusus yang terkait dengan pendidikan berkualitas, menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatkan kesempatan belajar bagi semua orang,” ungkapnya dalam keterangan resminya, Rabu (24/7/2024).

Dia menambahkan, untuk menyukseskan program magang, manajemen perusahaan juga secara khusus akan menyiapkan lingkungan kerja yang inklusif bagi peserta magang penyandang disabilitas.

Baca Juga: Dear Warga Jakarta: Pemprov DKI Guyur Banyak Bansos hingga 31 Juli, Cek Rekening Sekarang!

Pelatihan Kompetensi Digital XL Axiata Pelatihan Kompetensi Digital XL Axiata

Sebuah pelatihan juga akan segera dilaksanakan untuk melatih karyawan agar mampu berinteraksi secara benar dengan rekan-rekan penyandang disabilitas yang sedang magang.

Dalam training ini, antara lain akan diajarkan mengenai etika berinteraksi dengan penyandang disabilitas.

Mengangkat tema “Filantropi Digital Bagi Disabilitas”, Program Pesantren Disabilitas digelar di Bandung, 20-21 Juli 2024.

Pelaksanaan program ini berlokasi di Rumah Quran Isyaroh, Bandung.

Tercatat sebanyak 38 peserta yang terdiri dari pengajar dan santri disabilitas tuli mengikuti pelatihan dengan materi mengenai produksi konten digital audiovisual, komunikasi publik berbasis digital, dan literasi digital filantropi.

Baca Juga: Viral! Anak Ini Jadi Penerjemah Bahasa Isyarat untuk Orang Tua agar Paham Ceramah Ustaz

Pengajar berasal dari para mitra kolaborasi yang berasal dari komunitas lokal serta para profesional seperti Yayasan Benihbaik, Komunitas Bloggercrony, AnakBrand Agency.

Keterampilan literasi siswa penyandang disabilitas tuli ini sangat dipengaruhi oleh pola pembelajaran yang digunakan, seperti pola interaksi dengan teman di sekolah, bagaimana menanggapi, hingga kepekaan terhadap sarana pembelajaran yang ada.

Para peserta diajarkan untuk mengenal internet dan alat digital seperti tablet untuk mendukung pembuatan konten foto dan video yang positif untuk media sosial.

Pelatihan serupa sebelumnya telah digelar di Pesantren Disabilitas Tuli Temanggung, Jawa Tengah dan di Komunitas Disabilitas Netra di Yogyakarta, pada pertengahan 2023.

Sementara itu, mengenai Program Disabilitas Siap Kerja, XL Axiata menggelar pelatihan dan pendampingan bagi penyandang disabilitas untuk meningkatkan kapabilitas hingga siap kerja.

Perusahaan menyediakan lingkungan kerja inklusif yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki oleh XL Axiata, yaitu mendukung prinsip Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusivitas (Diversity, Equity, Inclusivity/DEI).

Rangkaian program XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja akan dimulai sejak 30 Juli 2024.

Pelatihan akan dilakukan di empat kota besar yaitu, Surabaya, Medan, Bandung, dan Jakarta.

Peserta pelatihan XL Axiata Peduli Disabilitas Siap Kerja ini terdiri dari 105 penyandang disabilitas.

”Para Peserta terpilih untuk magang pun akan ditempatkan selama enam minggu di kantor-kantor XL Axiata yang tersebar di keempat kota tersebut,” kata Marwan.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #axiata #gelar #pelatihan #kompetensi #digital #program #siap #kerja #buat #disabilitas

KOMENTAR