Tim SAR Turun Tangan Cari Kapal Pengangkut Material BTS BAKTI Kominfo Hilang Kontak
Dirut BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar saat konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (8/3/2024).
20:56
22 Juli 2024

Tim SAR Turun Tangan Cari Kapal Pengangkut Material BTS BAKTI Kominfo Hilang Kontak

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) terus melakukan upaya pencarian awak dan kapal LCT Cita XX yang hilang kontak di Papua.

Direktur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar menyatakan kalau saat ini pihaknya meminta bantuan Tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian kapal pengangkut material base transceiver station (BTS) tersebut.

"Terkait dengan hilangnya kontak dengan kapal LCT Cita XX yang mengangkut material BTS BAKTI Kominfo, dapat kami sampaikan pencarian terus dilakukan tim pencarian gabungan dengan melibatkan semua pihak yang memiliki informasi dan kapabilitas pencarian SAR," katanya, dikutip dari siaran pers Kominfo, Senin (22/7/2024).

Ia melanjutkan, hingga Senin (22/7/2024) pukul 08.05 WIT pagi tadi, Tim SAR gabungan sudah melakukan pencarian kapal berjenis LCT GT 145 ke wilayah perairan Distrik Pulau Tiga.

Baca Juga: V BTS Tuai Kecaman ARMY Imbas Unggah Foto Kentang McDonald's di Instagram

Menurutnya, SAR gabungan ini terdiri dari unsur TNI AL, Polairud, hingga tim SAR daerah. Mereka menggunakan satu kapal KRI dan satu helikopter.

Perempuan yang akrab disapa Indah menjelaskan, tim pencarian ini terbagi dalam dua kelompok.

Tim 1 berangkat dari Timika menggunakan Kapal Patkamla Yapero milik TNI AL. Wilayah penyisiran Tim 1 berada di jalur tengah laut. 

Sedangkan Tim 2 berangkat dari Asmat menggunakan Rigid Inflatable Boats (RIB) Badan SAR Nasional (Basarnas). Tim ini melakukan penyisiran ke daerah perairan dangkal.

Indah menuturkan, Kapal LCT CIta XX yang hilang kontak ini berisi 12 orang sekaligus membawa material BTS, tower, power, dan VSAT untuk penyediaan jaringan 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. 

Baca Juga: Riwayat Karier Hokky Situngkir Dirjen Aptika Baru, Pernah Kerja di BSSN?

"Rencananya, material tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun BTS di tujuh lokasi yakni PAP7791 Muara II, PAP6474 Tomondua, PAP6473 Sokamu, PAP2013 Muara 3, PAP2111 Kokamu 2, PAP2012 Keyke, dan PAP2110 Patippi 2," papar dia.

Dirut BAKTI Kominfo menegaskan bakal terus memantau proses pencarian Kapal LCT Cita XX yang berangkat dari Timika pada hari Senin 15 Juli 2024 pukul 05.43 WIT.

Adapun identitas 12 awak Kapal LCT Cita XX hilang kontak antara lain Junaidi (Kapten), Dedi (Mualim), M. Arif Efendi (KKM), Naikal (Oiler),  Rusli (Juru Mudi), Agygera (Koki),  Suherman (Pengawas Material Tower), Nimret G. Tua, Lukman Hakim, Samsudin, Asmoro, dan Alhakim.

"BAKTI Kominfo terus memantau perkembangan informasi dan melakukan semua upaya yang memungkinkan untuk mendukung pencarian. Informasi terbaru akan kami update pada kesempatan pertama," jelasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #turun #tangan #cari #kapal #pengangkut #material #bakti #kominfo #hilang #kontak

KOMENTAR