Adu Pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir Dirjen Aptika yang Baru, Lulusan Mana?
Hokky Situngkir Dirjen Aptika baru (Kominfo)
09:48
22 Juli 2024

Adu Pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir Dirjen Aptika yang Baru, Lulusan Mana?

Hokky Situngkir terpilih jadi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) baru menggantikan posisi Semuel Abrijani Pangerapan. Pendidikan keduanya pun turut menjadi sorotan, mengingat Dirjen Aptika merupakan posisi penting di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) . Nah berikut ini adu pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir.

Diberitakan bahwa Semuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dirjen Aptika. Adapun alasannya mengundurkan diri karena sebagai bentuk tanggungjawab moral data PDNS diretas.

Dengan Samuel mengundurkan diri, saat ini posisi jabatan Dirjen Aptikan pun digantikan oleh Hokky Situngkir. Pelantikan resmi berlangsung di gedung Kemenkominfo Jakpus pada Jumat, 19 Juli 2024. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Komunikasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Nah bagi yang penasaran dengan riwayat pendidikan keduanya, mari simak berikut ini adu pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir Dirjen Aptika baru yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Usai Diserang Ransomware, Menkominfo Akhirnya Sidak Pusat Data Nasional

Adu Pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir Dirjen Aptika baru

Hokky Situngkir merupakan pria yang lahir pada 7 Februari 1978. Hokky merupakan seorang ilmuwan sekaligus peneliti. Ia juga merupakan seorang penggagas pendataan budaya tradisional di Indonesia melalui website PDBI (Perpustakaan Digital Budaya Indonesia).

Dirjen Aptika baru ini juga diketahui seorang penulis buku. Beberapa buku yang pernah Ia tulis yaitu Sandi Nusantara dan Enigma Pusaka di Kepulauan Indonesia. Selain otaknya yang cemerlang, Hokky juga memliki riwayat pendidikan yang gemilang.

Tercatat bahwa Hokky Situngkar ini lulusan dari SMAN 1 Medan. Setelah itu, Ia melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) jurusan elektro. Selama kuliah, Ia terbilang aktif dalam berorganisasi.

Sedangkan untuk Semuel Abrijani Pangerapan atau yang juga dikenal dengan sebutan Semmy Pangerapan ini merupakan pria kelahiran Makassar pada 27 Desember 1964. Sammy ini mantan Dirjen Aptika.

Baca Juga: Diserang Ransomware, Layanan Beasiswa Kemendikbud Ristek di Pusat Data Nasional Akhirnya Pulih

Untuk pendidikannya, Ia merupakan lulusan California State University, Fresno, USA. Usai menuntaskan kuliah S1, Sammy kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah S2  program Manajemen di Universitas Pancasila.

Untuk kariernya, Ia menjabat sebagai Dirjen Aptikan pada tahun 2016 namun mengundurkan diri pada Juli 2024. Sebelumnya Ia juga pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Jasnita Telekomindo tahun 1996-2016.

Tak berhenti sampai disitu, Sammy juga pernah menjadi Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)  tahun 2012-2015. Lalu tahun 2013, Sammy menjadi Ketua Pelaksana Internet Governance Forum (IGF) ke-8 yang berlangsung di Bali, Indonesia.

Demikian ulasan mengenai adu pendidikan Semuel Abrijani Pangerapan vs Hokky Situngkir dirjen aptika baru yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #pendidikan #semuel #abrijani #pangerapan #hokky #situngkir #dirjen #aptika #yang #baru #lulusan #mana

KOMENTAR