Xiaomi Siapkan Pabrik yang Bisa Beroperasi 24 Jam Tanpa Manusia, Kok Bisa?
Ilustrasi pabrik Xiaomi. [X/Lei Jun]
20:40
9 Juli 2024

Xiaomi Siapkan Pabrik yang Bisa Beroperasi 24 Jam Tanpa Manusia, Kok Bisa?

CEO Xiaomi Lei Jun memamerkan kalau perusahaannya memiliki pabrik pintar baru yang berlokasi di Changping, Beijing, China. Menariknya, pabrik HP Xiaomi ini bisa beroperasi seharian penuh tanpa kendali manusia.

Menurut Lei Jun, fasilitas itu bakal menjadi 'pabrik gelap' yang berarti tetap beroperasi 24 jam sehari penuh tanpa satu pun manusia. Bahkan mesin-mesin di pabrik Xiaomi ini bisa bekerja satu sama lain.

Selain itu, pabrik ini juga bebas debu karena secara otomatis mesinnya bisa menghilangkan debu tingkat mikron, sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Selasa (9/7/2024).

Kualitas produksi pabrik akan dikontrol oleh mesin pintar yang dikembangkan sendiri. Proses produksi pun diklaim dapat memproduksi satu unit smartphone setiap detik.

Baca Juga: Daftar Harga HP Xiaomi Juli 2024, Cek Berapa Redmi Note 13 Series Terbaru

Dalam video promosi yang diunggah Lei Jun, pabrik pintar ini hanyalah langkah kecil bagi Xiaomi untuk menjelajahi masa depan yang baru saja dimulai.

Xiaomi dikabarkan sudah menyiapkan investasi 2,4 miliar Yuan (Rp 5,3 triliun) untuk mengembangkan proses produksi di pabrik tersebut. Diketahui fasilitas ini menempati area konstruksi seluas 81.000 meter persegi.

Pabrik tersebut juga telah disertifikasi sebagai perusahaan acuan manufaktur pintar nasional dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 10 juta HP Xiaomi unggulan.

Pabrik ini juga bakal akan menangani produksi HP lipat yang akan dirilis dalam waktu dekat, yakni Xiaomi MIX Fold 4 dan Xiaomi MIX Flip.

Kendati begitu Xiaomi sebenarnya sudah menggunakan mesin untuk otomatisasi proses produksinya. Contoh, brand HP China itu memiliki pabrik pintar yang berlokasi di Yizhuang, Beijing.

Baca Juga: Siap-siap! HP Xiaomi Bisa Bebas Iklan Berkat Fitur Baru HyperOS

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #xiaomi #siapkan #pabrik #yang #bisa #beroperasi #tanpa #manusia #bisa

KOMENTAR