Jangan Pakai Fitur Ini Kalau Mau Baterai iPhone Lebih Awet
Ilustrasi iPhone (Pexels/Martin Sanchez)
12:56
4 Juli 2024

Jangan Pakai Fitur Ini Kalau Mau Baterai iPhone Lebih Awet

Menjaga daya tahan baterai selama mungkin merupakan hal yang sering dilakukan oleh pengguna iPhone. Namun untungnya, pengguna pengguna memiliki beberapa opsi di iOS 17.4 untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan tertentu yang memengaruhi masa pakai baterai.

Oleh karena itu, pengguna dapat menonaktifkan fitur tertentu jika ingin membuat baterai di iPhone lebih awet.

Berikut ini dua fitur di iPhone yang sebaiknya dimatikan untuk membantu pengguna menghemat masa pakai baterai:

1. Hapus widget dari lock screen iPhone

Baca Juga: Cara Memblokir SMS Spam di HP, Terhindar dari Pinjol dan Judol

Semua widget di lock screen memaksa aplikasi berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget.

Mengingat aplikasi ini terus-menerus berjalan di latar belakang karena widget, itu berarti aplikasi tersebut terus-menerus menguras daya.

Jika pengguna ingin menghemat baterai di iOS 17, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari penggunaan widget di lock screen.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lainnya dengan menekan jari ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu geser ke sekeliling untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget apa pun.

Jika pengguna hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci, tekan Customize, pilih opsi Lock Screen, ketuk kotak widget, lalu tekan tombol "—" di setiap widget untuk menghapusnya.

Baca Juga: Bocoran Kode Ungkap Empat Model iPhone 16 Ditenagai Chip A18

Ilustrasi iPhone yang sedang diisi daya. [Unsplash/Lasse Jensen]Ilustrasi iPhone yang sedang diisi daya. [Unsplash/Lasse Jensen]

2. Matikan haptic keyboard feedback

Keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan bergetar saat pengguna mengetik, sebuah tambahan yang disebut “haptic feedback” yang ditambahkan ke iPhone dengan iOS 16.

lih-alih hanya mendengar suara keyboard, haptic feedback memberikan getaran pada setiap tombol. Menurut Apple, fitur yang sama juga dapat mempengaruhi masa pakai baterai.

Apple menyebut bahwa haptic feedback memengaruhi masa pakai baterai iPhone. Tidak ada rincian yang diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh fitur keyboard, tetapi jika pengguna ingin menghemat baterai, sebaiknya tetap nonaktifkan fitur ini.

Untungnya, ini tidak diaktifkan secara default. Jika pengguna elah mengaktifkannya sendiri, buka Settings > Sounds & Haptics > Keyboard Feedback, dan matikan Haptic.

Itulah dua fitur di iPhone yang sebaiknya tidak digunakan untuk menghemat baterai.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #jangan #pakai #fitur #kalau #baterai #iphone #lebih #awet

KOMENTAR