Viral Media Luar Negeri Sebut Budi Arie 'Menteri Giveaway', Netizen: Jujur Amat
Media luar negeri sebut Budi Arie sebagai 'Menteri Giveaway'. (X)
13:56
3 Juli 2024

Viral Media Luar Negeri Sebut Budi Arie 'Menteri Giveaway', Netizen: Jujur Amat

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Budi Arie Setiadi, ramai menjadi sorotan usai Pusat Data Nasional diserang ransomware sehingga layanan publik terganggu. Salah satu media luar negeri baru-baru ini menyebut bahwa Budi Arie adalah 'Menteri Giveaway'.

Sebagai informasi, Giveaway dalam bahasa informal berarti sebagai sesuatu yang diberikan secara gratis atau cuma-cuma. Media asing yang memberikan judul "Giveaway Minister" atau "Menteri Giveaway" adalah Channel NewsAsia (CNA).

"Indonesia’s ‘giveaway’ minister faces growing pressure to resign after worst cyberattack in years (Menteri ‘giveaway’ Indonesia menghadapi tekanan yang semakin besar untuk mengundurkan diri setelah serangan siber terburuk dalam beberapa tahun terakhir)," tulis CNA pada salah satu judul beritanya.

Perlu diketahui, CNA merupakan saluran berita multinasional Singapura yang dimiliki oleh Mediacorp. Media berbahasa Inggris ini mempunyai saluran TV berbayar yang menjangkau lebih dari 29 wilayah di Asia Pasifik.

Baca Juga: Heboh Marselino Ferdinan Raih Penghargaan Atlet Baru Terbaik, Netizen Bingung: Tendangan ke Langit Kok Bisa?

CNA menjadikan salah satu kutipan dari wawancara media nasional terhadap Direktur eksekutif SAFEnet, Nenden Sekar Arum, sebagai judul berita.

Nenden saat itu mengungkap bahwa jabatan Menteri Kominfo sangat strategis sehingga pemerintah tak patut melakukan Giveaway. "Jangan terus-terusan melakukan ‘giveaway’ seperti ini. Ini adalah posisi yang sangat strategis, apalagi kita tidak bisa lepas dari dunia digital," kata Nenden.

CNA turut menyoroti petisi tuntutan agar Budi Arie mundur dari jabatan Menteri Kominfo. Petisi di Change.org sebelumnya telah mencapai 18 ribu tanda tangan dari netizen.

Serangan ransomware yang sedang berlangsung terhadap Pusat Data Nasional mempengaruhi 239 institusi, termasuk 30 kementerian dan lembaga pemerintah. Tangkapan layar terkait pemberitaan media luar negeri tersebut viral usai di-repost 17 ribu kali. Ribuan netizen lantas memberikan beragam komentar atas judul unik dari CNA.

"Alhamdulillah go internasional. Pertama beliau taklukkan Asia, next stop, kanal berita dunia," sindir @Sad**mP**dika.

Baca Juga: Profil Brain Cipher: Hacker Penyerang Server PDNS, Bikin Kominfo Ketar-ketir

"Jujur amat..wkwkw," balas @txt**om**and.

"Emang boleh sekeras itu?" komentar @G**s*yan.

"Pasti artikelnya dari yang kalah pemilu kemarin, someone maybe," pendapat @su**r_fr*nk.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #viral #media #luar #negeri #sebut #budi #arie #menteri #giveaway #netizen #jujur #amat

KOMENTAR