Cek Khodam Viral, Begini Hukum Memiliki Khodam Menurut Buya Yahya dan UAS
Buya Yahya (YouTube/Al-Bahjah TV)
15:40
25 Juni 2024

Cek Khodam Viral, Begini Hukum Memiliki Khodam Menurut Buya Yahya dan UAS

Cek Khodam ramai menjadi perbincangan di media sosial, terutama TikTok dalam beberapa hari terakhir. Berikut terdapat penjelasan mengenai hukum memiliki Khodam menurut Buya Yahya dan Ustaz Abdul Somad (UAS).

Artikel ini juga membahas pendapat ulama terkait meminta tolong kepada golongan jin. Sebagai informasi, cek Khodam online kerap viral di TikTok karena memancing banyak penonton.

Bahkan terdapat aplikasi dan situs tertentu yang berguna untuk mengetahui nama Khodam. Meski hanya lucu-lucuan, tak sedikit netizen Muslim yang mempertanyakan hukum memiliki Khodam di mata ulama.

Perlu diketahui, terdapat banyak jenis jin. Salah satu yang bertugas mendampingi manusia disebut Jin Qarin. Ada pula jin yang berperan membantu manusia, yaitu Jin Khodam.

Baca Juga: Permainannya Lagi Viral, Ini Pengertian Khodam yang Sebenarnya

Secara istilah, Khodam berasal dari kata bahasa Arab 'Khodim' yang berarti membantu. Jin Khodam biasanya berasal dari Jin Qarin dan golongan jin murni.

Game cek khodam. (Dok. check-your-khodam.vercel)Game cek khodam. (Dok. check-your-khodam.vercel)

Hukum Memiliki Khodam Menurut Buya Yahya dan UAS

Dikutip melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV dan Buya Yahya, terdapat salah satu jemaah pengajian yang bertanya mengenai hukum memiliki Khodam. Menurut penanya, terdapat seseorang yang memelihara Khodam Muslim untuk mengingatkan hal-baik.

"Bagaimana hukumnya memiliki Khodam dalam Islam? Tapi Khodam itu, Khodam Muslim dan tidak menyimpang dari Agama Islam, tapi justru mengajak kita berbuat baik dengan Allah dan menjauhi larangan-Nya seperti zina, mencuri, zalim dan sebagainya. Memiliki Khodam Muslim hanya sebagai perantara saja buya, tidak ada niat buruk," tanya salah seorang jemaah.

Buya Yahya mengungkap bahwa orang yang memiliki dan berteman dengan Jin Khodam seperti orang bingung. Ulama kharismatik bernama lengkap Prof. KH. Yahya Zainul Ma'arif ini mewanti-wanti agar jangan sampai berurusan dengan jin.

Baca Juga: Link Tes Cupid Meter Online, Ikutan Viral dengan Cek Khodam Online

"Manusia bingung kalau tidak punya kawan sesama manusia, itu orang bingung. Kawan aja dari jin, orang bingung itu. Santri di pondok baca Surat Al-Jinn, katanya ingin punya teman jin. Innalillahi, ini orang bingung. Kawan itu manusia. Kalau ingin ibadahmu kuat, cari istri yang benar, pasangan yang benar, jangan berurusan dengan jin!" ungkap Buya Yahya.

Ia menambahkan, orang yang berurusan dengan jin atau Khodam akan berisiko terjerumus. "Jin punya hawa nafsu. Dia bisa melihatmu namun kamu tak bisa melihatnya. Teman itu penting. Agama itu tergantung siapa sahabat. Secara pilih sahabat itu tidak dibenarkan dari sisi ini. Kalau tidak, nanti masuk bab terjerumus. Jangan kalian berurusan dari jin dan Khodam-khodaman apa itu. Kalau Anda baik tidak akan diganggu oleh siapa pun. Allah lah yang menjaga Anda," kata Buya Yahya.

Pemilik Pondok Pesantren Al-Bahjah tersebut juga menjelaskan bahwa syarat berteman dengan Khodam atau jin sangat berat. Orang tersebut harus paham betul syariat dan 'alim. Orang biasa dikhawatirkan akan terjerumus.

"Ada ulama dulu mengatakan, boleh, seandainya kamu berurusan dengan jin. Tapi syaratnya apa? Dia harus seorang 'alim dan tahu benar tentang syari'at, kalau mau dibohongi jin dia tahu. Kalau dia bukan 'alim, dia tertipu, jadi dukun dia. Kiai dukun. Nah ini bahaya. Nggak ada urusan dengan jin, ini berbahaya sekali," pungkas Buya Yahya.

Ustaz Abdul Somad (UAS) mempunyai pendapat yang hampir mirip dengan Buya Yahya. Menurut UAS, manusia tidak boleh meminta pertolongan kepada golongan jin.

"Hukum meminta tolong kepada jin itu tidak boleh. Kalau minta tolong, minta tolonglah kepada Allah. Kalau mohon, mohonlah kepada Allah. Kalau ada yang nanya soal Nabi Sulaiman minta tolong pada jin bagaimana? Emang iman kalian sudah selevel dengan Nabi Sulaiman? Nabi Sulaiman itu konteksnya menyuruh bukan meminta tolong. Kasusnya sekarang, dukun itu bukan memerintah, tetapi meminta tolong," ungkap Ustaz Abdul Somad dikutip dari kanal YouTube Fodamara Media.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #khodam #viral #begini #hukum #memiliki #khodam #menurut #buya #yahya

KOMENTAR