Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna HarmonyOS Mampu Lampaui iOS
Ilustrasi HarmonyOS. [wu yi/Unsplash]
18:24
14 Juni 2024

Pertama Kalinya, Jumlah Pengguna HarmonyOS Mampu Lampaui iOS

Counterpoint Research baru saja mengungkap data mengenai jumlah pengguna sistem operasi seluler di China. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah pengguna HarmonyOS mampu melampaui iOS milik Apple.

Sebagai informasi, Huawei fokus mengembangkan sistem operasi buatan perusahaan usai menerima sanksi dari Amerika Serikat. Berdasarkan klaim dari Huawei, lebih dari 750 juta perangkat telah menggunakan HyperOS.

Menurut firma riset Counterpoint Research, HarmonyOS berhasil menjadi sistem operasi seluler terbesar kedua di China. Laporan tersebut menyoroti peningkatan signifikan dalam pangsa pasar HarmonyOS, melonjak dari 8 persen pada Q1 2023 menjadi 17 persen pada Q1 2024.

Selama periode yang sama, pangsa iOS menurun dari 20 persen menjadi 16 persen. Berdasarkan data dari Counterpoint Research, Android memimpin sebagai OS smartphone terbesar di China dengan pangsa pasar 68 persen.

Baca Juga: Deretan Fitur iOS 18 yang Ditiru dari Android

Tiga besar OS dengan jumlah pengguna terbanyak pada kuartal pertama 2024 adalah Android (68 persen), HarmonyOS (17 persen), dan iOS (16 persen). Dilansir dari Gizmochina, pertumbuhan HarmonyOS tidak terbatas di negara asal mereka saja.

Pangsa pasar sistem operasi smartphone di China. (Counterpoint)Pangsa pasar sistem operasi smartphone di China. (Counterpoint)

Secara global, pangsa pasarnya meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun, mencapai 4 persen pada Q1 2024, sementara Android dan iOS mengalami sedikit penurunan dari 78 persen dan 20 persen pada Q1 2023 menjadi 77 persen dan 19 persen.

Meskipun demikian, Android berhasil mengalami peningkatan dari bulan ke bulan pada Q1 2024. Namun, pangsa iOS menurun dari 23 persen pada Q4 2023 menjadi 19 persen pada Q1 2024.

Menurut Counterpoint, penurunan ini kemungkinan besar disebabkan oleh fluktuasi musiman yang umum terjadi pada iPhone. Pertumbuhan HyperOS di China terhitung pesat.

Mereka hanya mempunyai pangsa pasar 5 persen pada Q2 2022. Saat itu, Apple memiliki pangsa pasar 15 persen. Pangsa pasar HarmonyOS melonjak menjadi dari 5 persen ke 17 persen dalam kurun waktu kurang dari dua tahun saja.

Baca Juga: Gara-Gara OpenAI, Tesla dan Apple Berseteru, Begini Kata Elon Musk

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #pertama #kalinya #jumlah #pengguna #harmonyos #mampu #lampaui

KOMENTAR