Kecerdasan Artifisial dalam Genggaman: Qualcomm Perkenalkan PC Terpintar dengan Snapdragon X Elite!
Qualcomm memperkenalkan The PC Reborn di ajang Computex 2024. [Qualcomm]
15:32
9 Juni 2024

Kecerdasan Artifisial dalam Genggaman: Qualcomm Perkenalkan PC Terpintar dengan Snapdragon X Elite!

Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, mengungkapkan kategori PC baru, yaitu Copilot+ PCs, yang saat ini hanya didukung oleh Platform Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus.

“Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem, dan dapat memberikan daya tahan baterai sampai berhari-hari,” ujar Amon di acara Computex 2024.

Dia menambahkan, hal ini menandai pergeseran industri untuk menempatkan PC Windows Copilot+ yang didukung Snapdragon di garis terdepan inovasi teknologi.

"Kami ingin mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan memungkinkan para developer untuk menciptakan aplikasi secara efisien untuk generasi baru ini,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (9/6/2024).

Baca Juga: Snapdragon 8 Gen 4 Bawa Arsitektur GPU Baru, Kinerja Lebih Baik

Amon membahas mengenai NPU dalam Snapdragon X Series sebagai pembeda utama dan alasan
mengapa kinerja performa PC yang didukung Snapdragon X Series lebih unggul dan membuat
pengalaman Copilot+ menjadi kenyataan.

Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat secara signifikan dan menghasilkan penghematan daya yang sangat besar.

Qualcomm memperkenalkan The PC Reborn di ajang Computex 2024. [Qualcomm]Qualcomm memperkenalkan The PC Reborn di ajang Computex 2024. [Qualcomm]

Dengan hal ini, Amon menyatakan bahwa Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa
terunggul ke ekosistem PC Windows dengan NPU terdepan yang memberikan kinerja NPU tertinggi
per watt untuk laptop, hingga 2,6x dibandingkan M3 dan hingga 5,4x dibandingkan Core Ultra 7.

"Berkat CPU Qualcomm Oryon terdepan kami, Snapdragon X Elite juga menjadi pemimpin performa terbaru untuk Windows dengan kemampuan CPU hingga 51 persen lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65 persen lebih rendah," jelas Amon.

Tak hanya membahas hardware, Amon juga membahas melampaui perangkat keras untuk menunjukkan alat pengembangan terdepan dari Qualcomm Technologies untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya.

Baca Juga: Perbandingan Chipset MediaTek Helio G99 vs Snapdragon 680, Dapur Pacu HP Murah

Qualcomm AI Hub memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu 5 menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon.

Baik itu model AI milik mereka sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies yang terus berkembang.

Snapdragon Dev Kit for Windows terbaru menyediakan platform hardware yang ideal bagi para developer dengan kecepatan chipset Snapdragon X Elite yang ditingkatkan serta form factor populer yang dapat ditumpuk.

“Kami sangat bersemangat untuk meningkatkan hubungan kami bersama Qualcomm Technologies
untuk Copilot+ PC, merancang laptop Acer Swift 14 AI terbaru kami dengan platform Snapdragon X
yang paling anyar,” ujar Jason Chen, Chairman and CEO, Acer.

Dia menantikan pengalaman AI baru yang akan dihadirkan oleh PC baru ini, membuka jalan bagi era teknologi komputasi berikutnya.

Sementara Satya Nadella, Chairman dan CEO, Microsoft, mengungkapkan, PC sedang dilahirkan kembali, dan ini akan mengubah ekspektasi konsumen dari perangkat mereka, baik dari segi produktivitas, kreativitas, komunikasi, maupun hiburan.

“Bulan lalu, kami mengumumkan Copilot+ PC, PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat. PC ini menjadi titik balik bagi seluruh industri. Ini pun hanya mungkin terjadi berkat kolaborasi dengan Qualcomm Technologies," pungkasnya.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #kecerdasan #artifisial #dalam #genggaman #qualcomm #perkenalkan #terpintar #dengan #snapdragon #elite

KOMENTAR