Klarifikasi Xiaomi Indonesia soal Temuan HP Radiasi Tinggi
Ilustrasi Kantor Xiaomi. [Xiaomi Indonesia]
18:32
5 Juni 2024

Klarifikasi Xiaomi Indonesia soal Temuan HP Radiasi Tinggi

Xiaomi Indonesia buka suara soal temuan dari Stocklytics yang mengungkap banyak HP Xiaomi dengan radiasi tertinggi di dunia. Sebab dari lima unit ponsel, ada empat HP Xiaomi yang termasuk dalam radiasi tinggi. 

Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo mengklaim, empat HP Xiaomi yang masuk radiasi ponsel tertinggi itu adalah model yang tidak diluncurkan ke Tanah Air.

"Me-refer ke artikel tersebut, empat HP Xiaomi yang ditulis tidak diluncurkan di Indonesia sih kebetulan," kata Rendy saat ditemui di sela-sela peluncuran Redmi 13 di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Rendy mengklaim kalau produk yang diluncurkan Xiaomi ke Indonesia telah melewati proses riset hingga uji layak kegunaan sebelum akhirnya dipasarkan.

Baca Juga: Redmi 13 Resmi Masuk RI, HP Murah Xiaomi Harga Rp 2 Jutaan

"Untuk produk-produk yang kami luncurkan, pasti telah melakukan riset dan kelayakan kegunaan smartphone di user-user kami yang masuk ke Indonesia," klaim dia.

Sebelumnya Stocklytics membagikan lima besar daftar HP radiasi tinggi. Xiaomi menjadi HP dengan radiasi tertinggi untuk empat besar, sisanya diisi Samsung.

Laporan Stocklytics ini membaginya dalam dua kategori, yakni tingkat radiasi yang diterima di telinga. Kedua yakni tingkat radiasi yang diterima tubuh. 

Untuk telinga, ponsel kalian mengeluarkan radiasi saat menelpon secara langsung tanpa aksesori seperti headset atau TWS. Sedangkan tingkat radiasi tubuh diterima saat ponsel itu didiamkan di dekat badan kalian.

Daftar HP dengan radiasi tinggi 

Baca Juga: Xiaomi Mix Fold 4 dan Honor Magic V3 Rilis Bersamaan di Juli 2024

  1. Xiaomi Mi A1 = 1.75 (telinga), 0.76 (tubuh)
  2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM = 1.75 (telinga), 0.76 (tubuh)
  3. Xiaomi Mi Max 3 = 1.59 (telinga), 1.42 (tubuh)
  4. Xiaomi Mi Mix 3 5G = 1.56 (telinga), 1.56 (tubuh)
  5. Samsung Galaxy A23 5G = 1.49 (telinga), 1.25 (tubuh)

Berdasarkan penelusuran Mi A1 ternyata pernah meluncur ke Indonesia. Ponsel ini diluncurkan Xiaomi pada 2017 silam. Kala itu, harga Xiaomi MI A1 dibanderol Rp 3,1 juta untuk RAM 4GB dan ROM 64GB. 

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #klarifikasi #xiaomi #indonesia #soal #temuan #radiasi #tinggi

KOMENTAR