Pendiri Drone Emprit: Usai Disetop, Sebutan Videotron Melonjak hingga 32.453 Tunjukkan Streisand Effect
Dihentikannya videotron bergambar Anies Baswedan di Grand Metropolitan Bekasi dan Graha Mandiri, Jakarta Pusat, tak menyurutkan semangat para inisiator proyek tersebut.
21:16
17 Januari 2024

Pendiri Drone Emprit: Usai Disetop, Sebutan Videotron Melonjak hingga 32.453 Tunjukkan Streisand Effect

- Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi menyebut bahwa penyetopan tayangan videotron Anies Baswedan di Bekasi dan Jakarta telah menunjukkan Streisand Effect. Hal itu berdasarkan grafik tren jumlah sebutan soal videotron di berita online dan Twitter.

Fahmi menjelaskan, sebelum videotron Anies itu disetop, unggahan terkait videotron yang pertama kali diunggah Anies Bubble dan Olppaemi Project menunjukkan jumlah sebutan yang relatif stabil dan lebih rendah dengan jumlah penulis aktif (active authors) sebanyak 9,297.    "Setelah tindakan tersebut (disetop), terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah sebutan serta lonjakan besar jumlah penulis aktif menjadi 32,453," ujarnya dalam akun X-nya, JawaPos.com sudah mendapat izin untuk mengutipnya, Rabu (17/1).   "Dari analisis singkat ini, terlihat ada indikasi dari apa yang bisa diinterpretasikan sebagai Streisand Effect," sambung Fahmi.    Ia menjelaskan, fenomena Streisand Effect terjadi ketika upaya untuk menyembunyikan, menghapus, atau menyensor informasi memiliki efek sebaliknya, yaitu meningkatkan publisitas dan menjadi lebih terkenal atau lebih banyak dibicarakan.    "Dalam konteks grafik ini, tampak bahwa tindakan penurunan videotron telah menyebabkan peningkatan percakapan yang signifikan mengenai topik tersebut,l yang ditandai dengan lonjakan jumlah sebutan dan penulis aktif yang membicarakan isu tersebut," ungkap Fahmi.   Sebelumnya, belum genap sehari dipasang pada Senin (15/1) kemarin, videotron dari akun X @aniesbubble dan @olpproject diturunkan di Jakarta dan Bekasi. Videotron itu berisi foto hingga quotes calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan bak idola.   Kabar tak mengenakkan itu disampaikan akun X @olpproject. Mulanya, videotron yang sudah terpasang di depan Grand Bekasi Metropolitan dan Graha Mandiri, Jakarta Pusat itu seharusnya berjalan sesuai kontrak, yaitu mulai tanggal 15-21 Januari 2024.   "Sayangnya, kami harus mengabarkan bahwa LED Ads yang telah dijadwalkan tayang selama seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi tersebut karena suatu hal yang di luar kuasa kami," tulis akun X @olpproject, dikutip Selasa (15/1).

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #pendiri #drone #emprit #usai #disetop #sebutan #videotron #melonjak #hingga #32453 #tunjukkan #streisand #effect

KOMENTAR