Google Umumkan Fitur-fitur Keamanan Baru untuk Android 15, Apa Saja? Yuk Simak
Ilustrasi: OS Android 15 sedang disiapkan Google. (How-To Geek).
07:56
19 Mei 2024

Google Umumkan Fitur-fitur Keamanan Baru untuk Android 15, Apa Saja? Yuk Simak

- Versi pratinjau pengembang atau developer preview pertama Android 15 telah dirilis oleh Google Februari lalu. Developer preview pertama itu dikabarkan menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur baru.   Karena dirancang khusus untuk pengembang, versi sistem operasi atau OS Android baru ini masih belum layak digunakan pengguna secara massal. Selanjutnya, Google mengumumkan bahwa mereka mungkin merilis versi beta publik antara bulan Maret dan April.   Kini, masuk bulan Mei, Google kembali mengungkapkan sejumlah fitur yang akan hadir di Android 15. Salah satu yang menjadi highlight adalah fitur keamanan yang semakin ditingkatkan dan berorientasi pada pengguna.  

  Dikutip dari Techzine, rilis sistem operasi Android mendatang, Android 15, akan mendapatkan serangkaian fitur keamanan dan privasi yang ditingkatkan. Hal ini mencakup tindakan terhadap pencurian perangkat, perlindungan terhadap penipuan atau phishing, dan privasi yang lebih besar untuk data dan/atau aplikasi sensitif.   Android 15 mendapatkan lebih banyak fitur keamanan dan privasi untuk melindungi pengguna akhir dengan lebih baik. Selama tahun ini, rilis ini akan mendapatkan, antara lain, fungsi Kunci Deteksi Pencurian.   Fitur ini akan membantu menjaga data pribadi dan keuangan tetap aman jika perangkat pengguna akhir dirampok. Dengan bantuan Google AI, fitur ini mendeteksi ketika seseorang merebut perangkat dari tangan seseorang dan menjauh dengan kecepatan tinggi. Ketika mendeteksi gerakan spesifik ini, perangkat akan mengunci untuk menjaga informasi penting dari tangan yang salah.   Fitur keamanan baru lainnya untuk Android 15 adalah diperkenalkannya Google Play Protect. Fitur ini akan menggunakan AI pada perangkat untuk mengenali aplikasi yang memungkinkan penipuan atau phishing.   

  Deteksi ancaman real-time ini menganalisis cara aplikasi menggunakan izin sensitif dan berkolaborasi dengan aplikasi lain untuk mendeteksi perilaku berbahaya. Saat mengidentifikasi perilaku tersebut, alat tersebut mengirimkan aplikasi ke Google untuk analisis lebih dalam.    Pengguna diperingatkan untuk tidak menggunakan aplikasi atau menghapus instalannya jika diperlukan. Raksasa teknologi tersebut secara eksplisit menyatakan bahwa proses ini tidak melibatkan pengumpulan data pribadi.   Selain itu, Android 15 juga mendapatkan fungsionalitas privasi yang ditingkatkan, dengan kemampuan untuk menciptakan lingkungan pribadi untuk aplikasi tertentu di perangkat. Lingkungan pribadi ini akan memberikan lapisan autentikasi tambahan yang akan membuat aplikasi sensitif menjadi lebih aman dan tidak terlihat oleh pengintip.   Menurut Google, lingkungan pribadi ini bertindak sebagai brankas digital di ponsel pintar tempat pengguna dapat menyimpan aplikasi yang tidak boleh diakses orang lain, seperti aplikasi kesehatan atau aplikasi perbankan online.   Informasi pribadi yang digunakan untuk tujuan ini hanya akan terlihat oleh pengguna akhir, mengisolasi semua data dan notifikasi dari seluruh ponsel cerdas. Dimungkinkan juga untuk memasang kunci terpisah pada ruang pribadi ini dan menyembunyikan aplikasi ini sama sekali.   Meski ketersediaan fitur baru di Android 15 belum diumumkan, kemungkinan besar akan diumumkan sebelum rilis final tahun ini. Kita nantikan saja. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #google #umumkan #fitur #fitur #keamanan #baru #untuk #android #saja #simak

KOMENTAR