Bus Klasik Milik PO Sumber Alam Nampang di Busworld 2024, Satu Baru Dibeli dari Bandung
Bus klasik lainnya dari PO Sumber Alam di acara Busworld 2024. (RianAlfianto/JawaPos.com).
09:04
16 Mei 2024

Bus Klasik Milik PO Sumber Alam Nampang di Busworld 2024, Satu Baru Dibeli dari Bandung

Bagi para BisMania dan pelaku bisnis di industri transportasi bus, ada pameran yang wajib didatangi di Jakarta yakni Busworld Southeast Asia 2024. Pameran tersebut berlangsung selama 3 hari mulai 15-17 Mei mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta.   Selain deretan bus-bus baru yang hadir di acara tersebut, ada juga beberapa bus modifikasi dan tak lupa bus klasik era 60-an hingga 80-an turut dipajang. Kehadiran bus-bus klasik ini tentunya merupakan bukti sejarah bahwa Indonesia sudah cukup concern terhadap transportasi umum sejak zaman dulu.   Yang datang ke Busworld 2024 dengan bus klasik adalah PO Sumber Alam. Perusahaan Otobus atau PO yang bermarkas di Kutoarjo, Kabupaten Purworejo Jawa Tengah ini memboyong dua unit bus klasik Nissan ke ajang pameran bus dan dunia transportasi tersebut.  

  Anthony Steven Hambali, bos PO Sumber Alam saat berpose di bus klasik yang baru dibelinya dari Bandung dan langsung tampil di Busworld 2024 di JI-Expo, Kemayoran. (RianAlfianto/JawaPos.com).   Bus Nissan Diesel berkelir biru dan putih tersebut malahan sudah diberangkatkan dari markas PO Sumber Alam di Kutoarjo menuju Jakarta beberapa hari lalu. Sejak dua hari menjelang pembukaan pameran Busworld Southeast Asia 2024, bus tersebut sudah berada di kantor perwakilan PO Sumber Alam di Pondok Ungu Bekasi.   Ya, bus tua nan lawas tersebut digas langsung dari Kutoarjo menuju Jakarta. Anthony Steven Hambali, bos PO Sumber Alam yang ditemui JawaPos.com di arena Busworld 2024 menceritakan, bus Nissan tua yang dipamerkan di Busworld 2024 menempuh waktu 20 jam lebih untuk bisa sampai ke Jakarta, tentunya dengan beberapa trouble yang dialami.   "Jadi itu mobil kan sebenarnya kita dapat dari bekas TNI Angkatan Udara (AU), terus kami restorasi, kami cuma dapet bodinya saja, jadi ya untuk menjalankan itu kita kasih mesin sama kaki-kaki punyanya Mercedes-Benz supaya bisa jalan. Lalu kita carikan gambar bus yang di Jepang yang semirip mungkin ya lalu kita usahakan jadinya semirip mungkin," kata Anthony.  

  Dibawa langsung dari Kutoarjo ke Jakarta dan bahkan juga dengan mengangkut sejumlah penumpang dari kalangan mania, bus tersebut yang sudah setengah abad lebih itu ternyata masih kuat dibawa jalan. Walaupun ya, namanya mobil tua, pasti ada kendala di jalan.   "Seperti yang bisa dilihat sekarang, jadinya ya seperti itu. Kemarin ini kita bawa jalan dari Kutoarjo, 20 jam. Nanti pulangnya juga akan kita bawa jalan lagi. Kemarin sampai 20 jam ya karena mobil tua, banyak istirahatnya, dan sempat ada trouble juga. Nah, nanti sebelum pulang itu juga kita perbaiki, ada sedikit kerusakan di kaki-kaki, makanya agak miring itu, kemungkinan kaki depannya ada yang rusak," lanjut Anthony menceritakan.   Sebagai informasi, tahun lalu di ajang yang sama, PO Sumber Alam juga membawa serta dua bus klasik koleksinya. Hanya saat itu yang dibawa adalah bus Fuso dan Dodge yang umurnya juga sudah tua. Era tahun 70-an.  

  Tahun ini unit keduanya cukup spesial. Sebab unit satunya lagi merupakan bus lawas milik Universitas Advent Indonesia yang berada di Bandung, Jawa Barat. Bus tersebut adalah bus bikinan Jepang juga yakni Fuji Coach yang didorong mesin Hino.   Spesialnya, bus tersebut masih dalam kondisi apik, orisinil lengkap dengan aksesori aslinya dari Negeri Sakura sana. Busnya juga masih bisa jalan, dibawa langsung dari Bandung ke Jakarta dengan dikemudikan.   "Tahun lalu kan dua, yang Fuso sama yang Dodge. Nah, gahun ini juga dua, yang Nissan itu, sama yang Hino ini. Yang baru dibeli dari Universitas Advent Indonesia di Bandung. Ini yang kemarin saya sampaikan di YouTube saya di Busworld 2024 akan ada kejutan, bus ini jadi dibeli Sumber Alam," tutur Anthony semringah.  

  Bus Hino tersebut merupakan bus era tahun 80-an. Yang bikin bus tersebut unik adalah bus tersebut di Jepang sana, pernah digunakan sebagai kendaraan dinas militer Amerika. Sekilas bus tersebut mirip dengan yang pernah dioperasikan PO Agra Mas di Jakarta beberapa tahun lalu.   "Ini memang seperti punyanya Agra Mas, tapi itu kan disana bus bekas penumpang, nah kalau ini, bus bekas dinasnya Tentara Amerika di Jepang. Jadi spesifikasinya beda, ada yang khusus lah. Kaya joknya itu beda, dia tegak banget. Ya kita senang lah dapat unit bus tua yang sejarahnya spesial," tandas Anthony.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #klasik #milik #sumber #alam #nampang #busworld #2024 #satu #baru #dibeli #dari #bandung

KOMENTAR