BAIC dari Tiongkok Resmi Hadir di Indonesia, Jualan Mobil Mirip Jeep Rubicon dengan Harga Murah
BAIC BJ-40 Plus, mobil bertampang ala Jeep Rubicon dari Tiongkok yang resmi mengaspal di Indonesia. (RianAlfianto/JawaPos.com).
15:56
14 Mei 2024

BAIC dari Tiongkok Resmi Hadir di Indonesia, Jualan Mobil Mirip Jeep Rubicon dengan Harga Murah

  - Satu lagi merek otomotif dari Tiongkok tiba di Indonesia. Dia adalah Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC), yang resmi merangsek masuk ke market dalam negeri melalui kemitraan dengan salah satu anak usaha Grup JHL yakni PT JDI.   “Hari ini adalah hari yang sangat Istimewa! Pada hari ini, dengan bangga kami akan menampilkan dua produk andalan BAIC untuk pertama kalinya di Indonesia dan melakukan penandatanganan dengan beberapa investor yang sepakat untuk segera membangun jaringan Dealer BAIC dibeberapa wilayah di Indonesia” ujar Chief Operating Officer PT JDI Dhani Yahya di Tangerang, Selasa (14/5).   Dhani melanjutkan, BAIC merupakan salah satu merk andalan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd. Produsen ini memiliki beberapa merk lain yang dijual tidak hanya dipasar dalam negeri di Tiongkok, tetapi juga di ekspor ke negara-negara besar lain di dunia.   

  "Perusahaan ini memiliki kerjasama yang erat dengan berbagai produsen Otomotif di seluruh dunia dan diantaranya yang sangat populer dan masih berlangsung hingga saat ini adalah kerja sama Beijing-Benz dan Beijing-Hyundai,” Pungkas Dhani.   Di Indonesia, BAIC memperkenalkan dua model andalannya di segmen SUV medium yang menyasar dua pasar yang berbeda. Keduanya memiliki performa khas kendaraan eropa yang dibekali dengan teknologi modern demi mengikuti kebutuhan pasar yang terus berevolusi namun juga sarat dengan beragam kebutuhan.   Pertama dan yang jadi unggulan adalah  BAIC BJ-40 Plus, mobil SUV 4x4 yang memiliki tampang ala Jeep Rubicon dari Amerika Serikat. Di Indonesia, mobil tersebut hadir dengan satu pilihan mesin yaitu mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc DOHC dengan Turbocharger, dipadukan dengan transmisi 8-Percepatan lansiran pabrik transmisi ternama dari Jerman yaitu ZF Friedrichshafen.    Sistem penggerak pun sudah menggunakan Electronic Transfer Case dengan Center Differential Lock dari Borg-Wagner, yang sangat mumpuni untuk menerabas medan berat. BAIC BJ-40 Plus dengan penggerak empat-roda ini, menghasilkan tenaga maksimum 221 Hp dengan torsi maksimal 380 Nm, yang dirasa cukup mumpuni untuk kondisi jalan dan alam di Indonesia.   Model kedua yang dihadirkan untuk pasar Indonesia adalah BAIC X55-II yang merupakan kendaraan jenis Medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin yang disebut MAGIC-CORE, dengan konfigurasi 4 silinder, 16 valve, 1500cc DOHC Turbocharger, yang dibangun atas kerjasama BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman.   BAIC X55-II dilengkapi dengan transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) yang mendapatkan penghargaan sebagai Top-Ten Transmission di Tiongkok. BAIC X-55 II memiliki kemampuan 185 Hp dan tenaga 305 Nm, sehingga mampu ber-akselerasi dari 0 km/h hingga 100 km/h hanya dalam 7.8 detik.    Kedua mobil tersebut akan diumumkan secara resmi harganya pada ajang GIIAS 2024 18 Juli mendatang. Namun sebagai gambaran, BAIC BJ-40 Plus yang bertampang ala Jeep Rubicon kabarnya akan dilepas ke pasaran dengan harga Rp 500 jutaan, lebih murah dari Jeep Rubicon sekelasnya yang dilego di atas Rp 900 jutaan.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #baic #dari #tiongkok #resmi #hadir #indonesia #jualan #mobil #mirip #jeep #rubicon #dengan #harga #murah

KOMENTAR