Mengenal Apa Itu Grok? Chatbot AI Spesial untuk Pengguna X
Ilustrasi aplikasi X (Twitter). [Unsplash/charlesdeluvio]
12:40
14 Mei 2024

Mengenal Apa Itu Grok? Chatbot AI Spesial untuk Pengguna X

Pengguna Twitter atau X di Indonesia sudah bisa menggunakan Grok. Grok sendiri menawarkan hal yang lebih manusiawi dan menyenangkan ketimbang AI yang lain.

Dari pantauan Suara.com, pengguna Twitter sudah bisa menemukan tab menu bertuliskan "Grok". Tab menu ini akan muncul di tampilan sidebar Twitter, satu deret dengan menu Home, Notifications, Messages, Profile, dan lain sebagainya.

Tapi sebenarnya, apa itu Grok dan bagaimana cara kerjanya?

Grok adalah chatbot AI yang dikembangkan oleh perusahaan Elon Musk, xAI. Grok mampu menghasilkan teks dan terlibat dalam percakapan dengan pengguna, mirip dengan  ChatGPT dan alat lainnya. 

Namun, Grok tidak seperti chatbot lainnya. Sebab chatbot ini dapat mengakses informasi secara real-time melalui X (sebelumnya Twitter) dan diprogram untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang tegang dan provokatif dengan jawaban yang jenaka dan “berani”.

Grok pada dasarnya adalah jawaban Musk terhadap ChatGPT, yang pembuatnya (OpenAI) ia dirikan bersama pada tahun 2015 tetapi keluar pada tahun 2018 setelah  dilaporkan adanya perebutan kekuasaan dengan CEO yang sekarang, Sam Altman.

Musk sejak itu mengutuk ChatGPT karena  terlalu condong ke kiri dan berbahaya. Menurut Musk, xAI dimaksudkan untuk menjadi pesaing langsung OpenAI, dengan chatbot Grok-nya tidak hanya berfungsi sebagai mitra “ anti-bangun ” ChatGPT, tetapi juga menampilkan kemungkinan-kemungkinan baru dalam  ruang AI generatif yang lebih besar .

Cara Kerja Grok

Grok merupakan teknologi percakapan yang dilatih menggunakan tumpukan teknologi khusus berdasarkan sistem manajemen perangkat lunak Kubernetesm kerangka pembelajaran mesin JAX, dan bahasa pengkodean Rust.

Semua teknologi ini membantu xAI untuk bisa mengembangkan Grok lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan chatbot lainnya.

Seperti semua LLM, Grok-1 dilatih tentang sejumlah besar data teks yang diambil dari internet, yang mencakup segala hal mulai dari artikel Wikipedia hingga makalah ilmiah. 

Namun apa yang membuat Grok berbeda adalah akses langsungnya ke postingan yang dibuat di X. Hal ini memungkinkan Grok memiliki “pengetahuan real-time tentang dunia."

Grok menawarkan dua gaya interaksi: “Mode Menyenangkan” dan “Mode Reguler.” Secara default, Grok beroperasi dalam “Mode Menyenangkan”, yang menyebabkan chatbot menjadi lebih tegang atau lucu dan, terkadang, menghasilkan respons yang salah secara faktual. 

Sementara "Mode Reguler” biasanya memberikan jawaban yang lebih akurat, tetapi seperti semua chatbot AI, xAI mengatakan bahwa mode ini masih dapat menghasilkan  informasi yang salah atau kontradiktif .

Selera humor dan "kepribadian" Grok dimodelkan setelah  The Hitchhiker's Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams, salah satu buku favorit Musk. 

“Ini adalah buku tentang filsafat, yang disamarkan sebagai buku tentang humor,” kata Musk dalam  sebuah wawancara dengan ilmuwan komputer dan podcaster Lex Fridman. 

Fitur Grook

Sejauh ini, Grok dapat membuat draf email, men-debug kode, menghasilkan ide,  dan semuanya dalam  bahasa yang fasih dan mirip manusia.

Namun, teknologi ini baru menerima masukan (seperti perintah atau pertanyaan), menerapkan pengetahuan dari data pelatihannya, dan menggunakan  jaringan saraf canggih untuk menghasilkan keluaran teks yang relevan.

Meskipun digunakan dengan cara yang sama seperti chatbot AI lainnya, “Grok mungkin akan mengatakan 'ya' untuk lebih banyak pekerjaan yang Anda berikan,” kata  Sharon Gai , seorang penulis dan pembicara yang berfokus pada industri AI.

Grook vs ChatGPT

  • Grok memiliki akses ke informasi real-time; ChatGPT tidak.
  • Grok kurang benar secara politis dibandingkan ChatGPT.
  • Skor Grok lebih baik daripada ChatGPT dalam ujian.
  • ChatGPT dapat memproses gambar; Grok tidak bisa.
  • ChatGPT gratis; Grok berharga $16 per bulan. 
  • Grok memiliki versi sumber terbuka; ChatGPT tidak.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu Grok yang sedang viral di kalangan pengguna Twitter atau X akhir-akhir ini. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #mengenal #grok #chatbot #spesial #untuk #pengguna

KOMENTAR