Deretan Hashtag Trending Usai Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Guinea, Wasit Jadi Sorotan
Suasana laga play-off interkontinental Olimpiade Paris 2024 Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Clairefontaine-en-Yvelines, Paris selatan, Prancis, 9 Mei 2024. [Miguel MEDINA / AFP]
12:32
10 Mei 2024

Deretan Hashtag Trending Usai Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Guinea, Wasit Jadi Sorotan

Timnas Indonesia U-23 menderita kekalahan 0-1 saat melawan Guinea pada babak playoff Olimpiade Paris 2024 Kamis (9/5) malam. Deretan hashtag dan topik mengenai timnas langsung trending di X.

Salah satu pembahasan yang mencapai puluhan ribu cuitan adalah tentang wasit. Sebagai informasi, laga Indonesia vs Guinea cukup sengit karena mereka memperebutkan tiket terakhir di Olimpiade Paris 2024.

Laga tersebut berlangsung di Clairefontaine-en-Yvelines, Ile-de-France, Prancis. Kekalahan 0-1 membuat Garuda Muda gagal melangkah ke Olimpiade Paris 2024. Lebih dari 100 ribu cuitan netizen menyuratkan kekecewaan terkait kinerja wasit hingga tak adanya VAR.

Berdasarkan pantauan melalui Trends24.in, deretan hashtag serta topik yang trending usai timnas kalah adalah #TimnasDay, Witan, Wasit, Guinea, FIFA, Dewangga, #GarudaMendunia, Kartu Merah, Shin Tae Yong da #Shintaeyong.

Tagar #TimnasDay dan Guinea sempat memuncaki trending topik pada Jumat (10/05/2024) dini hari usai dibahas lebih dari 90 ribu kali. Netizen turut mengunggah postingan pengadil lapangan sehingga Wasit ikut trending dengan 55 ribu cuitan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Wasit yang memimpin pertandingan tersebut adalah Francois Letexier. Pria 35 tahun ini menganggap Witan Sulaeman melakukan pelanggaran sehingga ia memberikan penalti untuk Guinea U-23 pada menit ke-28.

Postingan yang viral di X menampilkan bahwa pemain Guinea jatuh di luar kotak penalti. Sentuhan Witan ke lawan juga masih kontroversi mengingat terdapat kemungkinan pemain Guinea sengaja menjatuhkan diri. Ilaix Moriba berhasil menuntas tugas sebagai eksekutor sehingga Guinea unggul 1-0.

Terdapat beberapa momen saat pemain Guinea jatuh meski hanya terkena benturan ringan. Padahal, postur tubuh mereka lebih besar dibanding pemain Timnas Indonesia U-23.

Wasit asal Prancis memberikan penalti kedua kepada Guinea usai Dewangga dianggap melakukan tekel berbahaya di kotak penalti pada menit ke-73. Melalui video tayangan ulang, Dewangga nampak melakukan tekel bersih mengingat kaki mengenai bola terlebih dahulu. Tidak adanya VAR membuat keputusan wasit saat itu sangat mutlak. Shin Tae Yong sempat protes keras namun ia malah mendapat kartu merah.

Untungnya, Ernando Ari mampu sedikit menepis tendangan penalti kedua sehingga arah bola menuju mistar dan tidak gol. Netizen memberikan beragam komentar usai Timnas Indonesia kalah dari Guinea.

"Harusnya Shin Tae Yong gaplok muka tuh wasit," tulis @tae*re**ou**aby

"Guinea bersama wasit, Indonesia bersama Allah dan tiang gawang," balas @ma**aw*sit.

"Kena aja kagak pas penalti pertama. Dilanggar pun di luar kotak penalti. Haiyaa, babang Guinea pintar akting #TimnasDay," pendapat @el**nd**33.

"Kalian luar biasa. Jangan pikir kalian mengecewakan kita tapi sebaliknya kalian itu sudah membuat rakyat Indonesia bangga. Untuk tim debutan ini pencapaian luar biasa, Terima kasih Garuda Muda," komentar @bo**bo*aja.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #deretan #hashtag #trending #usai #timnas #indonesia #kalah #dari #guinea #wasit #jadi #sorotan

KOMENTAR