Mirip Fitur Facebook, Apa Arti Nudge di TikTok?
Ilustrasi TikTok. (TikTok)
08:56
29 April 2024

Mirip Fitur Facebook, Apa Arti Nudge di TikTok?

TikTok terus mengembangkan fitur-fitur baru untuk membuat video trendi dan meningkatkan interaksi dengan komunitas. Perusahaan baru-baru ini merilis add-on untuk "mendorong" seseorang ke platform.

Fitur Nudge ini muncul di bawah pengaturan notifikasi langsung, kotak masuk pesan, dan riwayat profil. Fungsi ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan antara pengikut dan pembuat konten.

Berikut ini penjelasan Nudge di TikTok yang harus diketahui:

Apa arti Nudge di TikTok?

Dalam banyak hal, Nudge di TikTok mirip dengan fitur Poke di Facebook. Pengguna dapat mendorong pembuat konten favorit di TikTok dan mendorong mereka untuk melakukan siaran langsung. Kemudian pembuat konten akan menerima peringatan dan mereka dapat mengabaikannya atau memulai streaming langsung sesuai permintaan pengguna.

Ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi pemirsa dan pembuat konten. Pengguna dapat mendukung pembuat konten favorit dan menunjukkan minat untuk menontonnya secara langsung. Ini juga merupakan cara bagi pembuat konten untuk memeriksa jumlah pemirsa yang tertarik dengan konten mereka.

Opsi Nudge juga muncul selama percakapan. Jika seseorang tidak membalas pesan pengguna, Nudge orang tersebut untuk menarik perhatiannya.

Cara menggunakan fitur Nudge di TikTok

Sekarang, setelah pengguna mengetahui tujuan Nudge di TikTok, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakannya:

1. Dengan menggunakan ikon lonceng

dapat membuka profil pembuat konten favorit pengguna dan mendorong mereka untuk melakukan siaran langsung. Perlu diperhatikan bahwa fitur ini tidak tersedia untuk semua orang karena TikTok masih menguji fitur tersebut dengan akun tertentu.

  • Buka TikTok di ponsel dan buka profil pembuat konten.
  • Ketuk ikon lonceng di bagian atas. Jika pengguna tidak mengikuti pembuatnya, TikTok meminta pengguna untuk mengikuti akunnya terlebih dahulu. Ketuk Follow.
  • Ini membuka pengaturan notifikasi Live.
  • Ketuk tombol radio di samping Nudge.
Ilustrasi TikTok. (Pixabay/8268513)Ilustrasi TikTok. (Pixabay/8268513)

2. Dalam riwayat tampilan profil

Jika teman pengguna baru-baru ini melihat profil TikTok pengguna, maka pengguna dapat menghapusnya dari riwayat tampilan profil.

  • Buka TikTok dan buka profil pengguna.
  • Ketuk ikon tampilan profil di bagian atas.
  • Lihat sekilas daftar akun yang mengintip profil TikTok pengguna baru-baru ini.
  • Jika pengguna berteman dengan seseorang, TikTok menampilkan opsi untuk menyenggolnya. Jika tidak, pengguna akan melihat tombol ikuti di samping akun yang tidak dikenal.
  • Ketuk Nudge pada kontak yang dikenal.

3. Melalui pesan

Jika seseorang mengabaikan pesan pengguna di TikTok, pengguna dapat menarik perhatiannya melalui pesan dengan fitur Nudge. Ini juga berguna untuk memulai percakapan dengan seseorang di TikTok.

  • Buka TikTok dan akses Inbox.
  • Buka obrolan yang ada atau ketuk ikon tanda tambah (+) di bagian atas untuk membuat obrolan baru.
  • Ketuk tombol Nudge di atas kotak pesan untuk mengetuk profil mereka.

Meskipun fitur Nudge secara efektif menarik perhatian seseorang, pengguna tidak boleh berlebihan dalam menjalankan fungsinya karena itu dapat mengganggu orang lain.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #mirip #fitur #facebook #arti #nudge #tiktok

KOMENTAR