Profil Lee Jae Yong, Bos Samsung yang Jadi Orang Terkaya di Korea Selatan
Profil dan biodata Lee Jae yong, bos Samsung. [ANTARA]
12:08
28 April 2024

Profil Lee Jae Yong, Bos Samsung yang Jadi Orang Terkaya di Korea Selatan

Berikut adalah profil dan biodata Lee Jae Yong , bos Samsung yang jadi orang terkaya di Korea Selatan. Berapa total harta kekayaannya?

Untuk kali pertama kali dalam sejarah, bos Samsung Lee Jae Yong dinobatkan oleh Forbes sebagai orang terkaya di Korea Selatan.

Forbes mencatat kekayaan Jae-yong mencapai 11,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 185 triliun), lebih tinggi dari pengusaha dan bos perusahaan investasi MBK Partners, Michael Kim dengan 9,7 miliar dollar AS (sekitar Rp 156 triliun). 

Meskipun demikian, posisi ini tidak didapat Lee Jae Yong dengan mudah. Sebab dia harus melakoni perjalanan hidupnya yang terjal, bahkan sempat menjadi narapidana atas kasus penyuapan dan penggelapan dana pada tahun 2017.

Perjalanan Lee Jae Yong saat berurusan dengan hukum

Pada tahun 2017, ia dipenjara karena menyuap orang kepercayaan mantan Presiden Park Geun-hye, namun dibebaskan pada tahun 2018. 

Kemudian pada tahun 2021, melalui persidangan ulang, Lee Jae Yong   dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara, dan kemudian menerima hukuman penjara dua setengah tahun sebelum mendapat pengampunan presiden pada tahun 2022.

Pada bulan Februari 2024, Lee dibebaskan dari tuduhan manipulasi saham terkait merger tahun 2015 antara dua afiliasi Samsung yang menurut jaksa membantu Lee memperkuat kendali atas konglomerat Samsung.

Lee dan keluarganya sedang dalam proses membayar pajak warisan sebesar 12 triliun won (sekitar $8,5 miliar) setelah kematian patriark Lee Kun-hee pada tahun 2020.

Profil dan biodata Lee Jae Yong

Lee Jae Yong dilahirkan pada tanggal 23 Juni 1968 di Yongsan, Seoul, Korea Selatan. Itu artinya, saat ini dia berusia 56 tahun.

Ia mengenyam pendidikan Magister Administrasi Bisnis di Universitas Keio setelah menyelesaikan gelar Sarjana Seni/Sains di Universitas Nasional Seoul.

Lee Jae Yong   menikah dengan Lim Se-ryung pada tahun 1997 dan bercerai tahun 2009. Dari hasil pernikahannya, dia memiliki 2 anak yakni Lee Kun-hee dan  Hong Ra-hee.

Biodata Lee Jae Yong

Nama: Lee Jae Yong
Tanggal lahir: 23 Juni 1968
Tempat lahir: Washington, D.C, Amerika Serikat
Profesi: Pengusaha
Almamater: Universitas Nasional Seoul, Universitas Keio, Sekolah Bisnis Harvard
Istri: Im Se-ryung (1997-2009)
Anak: Lee Ji-ho, Lee Won-ju
Orang tua: Lee Kun-hee, Hong Ra-hee

Putra Mahkota Perusahaan Samsung

Lee Jae Yong memulai kariernya di perusahaan Samsung pada tahun 1991. Saat itu, ia langsung memegang berbagai posisi di perusahaan. 

Pada bulan Desember 2009,  Lee Jae Yong  menjadi chief operating officer Samsung Electronics, dan pada bulan Desember 2012, ia diangkat sebagai wakil ketua Samsung. 

Lee Jae Yong adalah ketua eksekutif Samsung Electronics, perusahaan andalan Samsung Group. Dia juga memiliki 11% saham Samsung SDS, anak perusahaan jasa keuangan Samsung. 

Tak dapat dipungkiri bahwa Lee Jae Yong telah memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan kesuksesan Samsung. Di bawah kepemimpinannya, Samsung Electronics menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia dan pemain utama dalam industri teknologi global. 

Itulah profil dan biodata Lee Jae Yong , bos Samsung yang jadi orang terkaya di Korea Selatan saat ini.

Kontributor : Damai Lestari 

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #profil #yong #samsung #yang #jadi #orang #terkaya #korea #selatan

KOMENTAR