Baterainya Terkenal 'Cengeng', Ketahui Cara Ngecas iPhone dengan Baik dan Benar
Ilustrasi: Ngecas perangkat iPhone. (MakeUseOf)
10:52
27 April 2024

Baterainya Terkenal 'Cengeng', Ketahui Cara Ngecas iPhone dengan Baik dan Benar

- Bagi mereka para tech enthusiast yang menggunakan smartphone Android dan iPhone sekaligus dan memiliki keduanya pasti paham seperti apa kualitas baterai iPhone. Selain lebih cepat habis, baterai iPhone juga terkenal cengeng dan nggak awet.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga sel baterai di dalamnya dan memastikan Anda selalu mengisi dayanya dengan benar. Dilansir dari MacWorld, ada beberapa tips yang bisa dilakukan terkait cara mengecas iPhone dengan baik dan benar.

Pertama, cara tercepat untuk mengisi daya iPhone adalah menggunakan kabel. Hingga iPhone 15, ini berarti menggunakan kabel USB ke Lightning. Mulai iPhone 15 dan seterusnya, Anda memerlukan kabel USB-C ke USB-C.

Saran umumnya adalah Anda harus menggunakan pengisi daya yang disertakan dengan perangkat Anda. Jika Anda memiliki iPad, maka pengisi daya yang menyertainya juga kompatibel dan mungkin membuat baterai iPhone Anda terisi penuh lebih cepat dari pada pengisi dayanya sendiri.

Hindari produk tiruan yang murah. Pasalnya, dalam beberapa kasus produk ini diketahui dapat merusak perangkat dan membuat persentase Battery Health atau kesehatan baterai iPhone jadi lebih cepat turun.

Kemudian, hindari kebiasaan ngecas terlalu lama. Apalagi sampai ditinggal tidur. Sejak ponsel pintar hadir, cara paling umum untuk mengisi ulang baterai adalah dengan mencolokkannya saat Anda pergi tidur, lalu mencabutnya di pagi hari dengan daya terisi penuh agar dapat bertahan sepanjang hari.

Hal tersebut ternyata sangat tidak disarankan. Terutama untuk para pemilik iPhone. iPhone menggunakan baterai Lithium-ion karena, menurut Apple, baterai tersebut “mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan daya lebih tinggi untuk masa pakai baterai lebih lama dalam kemasan yang lebih ringan”.

Ini semua merupakan fitur bagus, namun satu hal yang tidak disukai Li-On adalah dikurangi menjadi 0 persen dan kemudian dicadangkan hingga 100 persen setiap hari. Apple merekomendasikan, seperti halnya banyak perusahaan lain, agar Anda mencoba menjaga baterai iPhone tetap terisi antara 30 dan 80 persen. Jadi pertimbangkan di rentang itu saja.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #baterainya #terkenal #cengeng #ketahui #cara #ngecas #iphone #dengan #baik #benar

KOMENTAR