Punya Mobil Apa Perlu Diasuransikan? Ketahui Dulu Manfaat dan Urgensinya
Ilustrasi: Asuransi membantu pemilik mobil mengcover kerusakan yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan di jalan. (Istimewa).
09:56
26 April 2024

Punya Mobil Apa Perlu Diasuransikan? Ketahui Dulu Manfaat dan Urgensinya

- Belakangan ini kita membaca banyak berita terkait kelalaian berkendara yang menyebabkan kecelakaan tunggal maupun massal seperti salah satu kasus terbaru tentang kecelakaan mobil di pintu tol yang turut merusak beberapa kendaraan sekitarnya.    Peristiwa peristiwa nahas selama berkendara ini menunjukkan peran yang tak tergantikan dari asuransi kendaraan. Saat jalan raya semakin ramai dan kondisi berkendara semakin sulit, kemungkinan  terjadinya tabrakan dan kerusakan pada kendaraan berpotensi meningkat.    Dalam situasi seperti ini, individu tanpa perlindungan asuransi yang memadai menghadapi konsekuensi keuangan yang menakutkan, termasuk biaya perbaikan, biaya medis, dan kewajiban hukum, yang menunjukkan urgensi untuk berinvestasi dalam perlindungan asuransi yang kokoh.   

  Seberapa penting asuransi mobil untuk memproteksi kendaraan? Penting tidaknya tergantung kebutuhan, tapi lebih disarankan menggunakan asuransi, terutama untuk pembelian mobil baru.   Tarif premi yang dibebankan untuk mobil baru jauh lebih murah dibandingkan mobil bekas. Itu karena mesin dan bodi mobil masih dalam kondisi bagus, sehingga risiko kerusakannya jauh lebih rendah.   Dilansir dari laman resmi Suzuki, menggunakan asuransi kendaraan secara bijak akan membawa banyak manfaat bagi pemilik mobil. Pertama, manfaat utama asuransi kendaraan adalah memberikan rasa tenang dan nyaman. Ketika mobil mendapat proteksi dari berbagai risiko kerusakan, hati Anda pasti jauh lebih tenang saat berkendara di jalan.   Dengan adanya asuransi, kendaraan Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya perbaikan yang mahal saat mobil mengalami masalah. Secara tidak langsung, hal tersebut membuat seseorang merasa lebih tenang saat berkendara, sehingga dapat meningkatkan kefokusannya.    Namun memang, menggunakan asuransi kendaraan memang tidak sepenuhnya menguntungkan. Setiap bulan Anda harus mengeluarkan uang untuk membayar premi yang nilainya tergolong cukup besar. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung tipe mobil.    Namun, sisi baiknya, pengguna asuransi kendaraan akan memperoleh perlindungan dari berbagai risiko kecelakaan. Contohnya yakni tabrakan, mobil terbakar, terperosok, dan masalah berat lainnya.    Pihak penyedia asuransi akan menangani masalah tersebut dan Anda tinggal terima beres. Biaya perbaikan akan mereka tanggung hingga mobil kembali dalam kondisi prima.    Manfaat lain memiliki asuransi mobil yaitu memperoleh ganti rugi atas kerugian yang dialami akibat pencurian. Jadi, asuransi kendaraan tidak hanya menawarkan proteksi atas kerusakan, tapi juga memberikan ganti rugi jika Anda mengalami musibah pencurian.   Walaupun begitu, tetap ada sejumlah pengecualian yang membuat pemilik mobil tidak memperoleh uang ganti rugi. Itu sebabnya, Anda harus lebih teliti saat membaca polis asuransi sebelum menandatanganinya.    Untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya Anda membaca dan memahami setiap halaman secara keseluruhan. Polis asuransi biasanya sengaja dibuat berlembar-lembar agar calon nasabah malas membacanya.    Tapi, jangan sampai Anda masuk dalam jebakan tersebut. Bila ada beberapa poin yang membingungkan, sebaiknya tanya secara langsung ke pihak agen asuransi untuk mendapatkan penjelasan yang akurat.  

  Kembali mengingatkan tentang manfaat dari kepemilikan asuransi kendaraan, Christian Putra selaku Marketing Director MPMInsurance secara terpisah menjelaskan, asuransi yang dapat dinikmati oleh nasabah meliputi klaim terhadap banjir dan gempa bumi, huru hara dan kerusuhan, terorisme dan sabotase, kecelakaan diri dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dll.   Salah satu fitur menarik namun kerap kali tidak diketahui adalah layanan perlindungan tanggung jawab hukum terhadap pihak ke-3, yang memberikan jaminan terhadap klaim dari pihak ketiga akibat kerugian materiil dan fisik yang disebabkan oleh kendaraan yang diasuransikan, singkatnya, pemegang polis yang terlibat kecelakaan dapat mengklaim biaya kerusakan pada yang  ditabraknya.   “Dengan memiliki asuransi kendaraan, pemilik kendaraan dapat merasa lebih tenang karena mereka memiliki perlindungan yang kuat dalam menanggulangi risiko kecelakaan," terang Christian.   Selain itu, asuransi kendaraan juga memberikan keuntungan finansial yang signifikan, karena biaya perbaikan kendaraan yang ditabrak dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi, mengurangi beban finansial yang harus ditanggung oleh pemilik kendaraan.      

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #punya #mobil #perlu #diasuransikan #ketahui #dulu #manfaat #urgensinya

KOMENTAR