Sering Hilang Fokus saat Berkendara, Kenali Penyebab Highway Hypnosis dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi seseorang yang sedang mengemudi mobil dan mengalami Highway Hypnosis. (Freepik)
11:44
24 April 2024

Sering Hilang Fokus saat Berkendara, Kenali Penyebab Highway Hypnosis dan Cara Mencegahnya

- Highway Hypnosis adalah sebutan untuk kondisi pengemudi yang kehilangan fokus menyetirnya ketika mengemudi di jalan lurus seperti tol. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh jalanan lurus dengan pemandangan yang monoton dan jauhnya jarak yang ditempuh.

Selain faktor jalanan dan jarak tempuh, kondisi pengendara yang kelelahan rentan pula mengalami Highway Hypnosis. Dalam kondisi seperti itu, otak pengemudi masuk ke dalam mode “pilot otomatis” sebagai respons terhadap kelelahan atau kebosanan.

Pengemudi akan merasa dirinya sudah “terbangun” ketika menyetir, padahal ia tidak sadar sepenuhnya. Hal itu karena beberapa bagian otak tidak terkoneksi dengan baik sehingga reaksi otak berjalan lambat. Pengemudi menjadi tidak sadar sepenuhnya dengan keadaan jalan dan kondisi semi tidak sadar inilah yang membahayakan.

Highway Hypnosis sering menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol. Terkadang efek dari Highway Hypnosis membuat pengendara mengantuk yang semakin meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan.

Berikut adalah cara-cara untuk terhindar dari Highway Hypnosis saat berkendara:

Jaga Stamina

Mengemudi dalam perjalanan yang jauh akan menguras energi, oleh sebab itu pastikan tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup dengan tidur 8 jam sehari.

Atur Jadwal Berkendara

Hindari berkendara di waktu yang biasanya dijadikan waktu istirahat seperti malam hari atau selepas makan besar. Hal tersebut dilakukan agar pengemudi tidak mengantuk dan tetap berkonsentrasi saat membawa kendaraan.

Berhenti Sejenak

Selain tidur malam yang cukup, rencanakan pula waktu istirahat saat melakukan perjalanan seperti berhenti sebentar setiap 200 meter atau 2 jam untuk menjaga konsentrasi.

Terhidrasi dengan Baik

Siapkan air minum sebelum melakukan perjalanan dan minumlah secara teratur agar tidak dehidrasi. Jika dehidrasi, tubuh akan kehilangan fokus yang dapat membahayakan pengendara.

Sediakan Hiburan

Setel musik yang menarik perhatian atau mengobrol bersama penumpang agar konsentrasi tetap terjaga sampai di tujuan.

Mengatur Suhu Mobil

Atur suhu mobil supaya tidak terlalu hangat maupun terlalu dingin agar pengemudi tetap “sadar” dan fokus sehingga Highway Hypnosis tidak terjadi.

Mengatur Posisi Duduk

Ubahlah posisi duduk sesekali supaya otot-otot tubuh menjadi rileks. Gunakan bantal atau penyangga punggung untuk meningkatkan kenyamanan saat duduk.

Highway Hypnosis sangat berbahaya bagi pengemudi yang mengalaminya maupun bagi pengendara lain. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga stamina tubuh dan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #sering #hilang #fokus #saat #berkendara #kenali #penyebab #highway #hypnosis #cara #mencegahnya

KOMENTAR