Olimpiade Paris 2024 Bawa Teknologi AI, Terobosan Baru di Dunia Olahraga
Ilustrasi kecerdasan buatan. [Freepik]
07:24
23 April 2024

Olimpiade Paris 2024 Bawa Teknologi AI, Terobosan Baru di Dunia Olahraga

Olimpiade Paris 2024 dipastikan membawa teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Keputusan ini mengikuti tren teknologi yang sudah banyak dipakai di kompetisi olahraga.

Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC) mengumumkan strategi komprehensifnya untuk menghadirkan AI dalam dunia olahraga maupun manajemen kegiatan.

Teknologi AI ini dipakai untuk mengidentifikasi atlet berbakat, menyesuaikan program pelatihan dengan kebutuhan pribadi, hingga meningkatkan integritas untuk menyempurnakan proses penjurian di Olimpiade 2024.

"Kami bertekad untuk memanfaatkan potensi besar AI dengan cara yang bertanggung jawab," kata Presiden IOC Thomas Bach, dikutip dari Tech Times, Senin (22/4/2024).

Selain itu, penggunaan AI ini terus berlanjut untuk merevolusi berbagai kompetisi olahraga seperti optimalisasi kinerja atlet hingga keterlibatan penonton.

IOC juga ingin teknologi AI ini dimanfaatkan untuk melindungi atlet Olimpiade 2024 dari pelecehan seksual online hingga pengalaman menonton yang lebih baik untuk pemirsa di seluruh dunia.

Inisiatif IOC untuk menggunakan AI ini sebenarnya adalah kemajuan untuk sebuah turnamen olahraga. Namun kenyataannya, teknologi itu juga tak lepas dari kontroversi.

Sebagai contoh, pengawasan kamera CCTV dengan teknologi AI telah memicu perdebatan di kalangan penyelenggara. Sebab beberapa orang menganggap kalau itu melanggar privasi dan berpotensi bias.

Diketahui Olimpiade 2024 ini akan diselenggarakan di Prancis, Paris, pada 26 Juli hingga Agustus 2024 mendatang.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #olimpiade #paris #2024 #bawa #teknologi #terobosan #baru #dunia #olahraga

KOMENTAR