Bertemu Jokowi, Bos Apple Tim Cook Sebut akan Bangun Akademi Apple Keempat di Indonesia
CEO Apple Inc, Tim Cook didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, beri keterangan ke pers usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (17/4/2024).  
12:48
17 April 2024

Bertemu Jokowi, Bos Apple Tim Cook Sebut akan Bangun Akademi Apple Keempat di Indonesia

 CEO Apple Inc, Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (17/4/2024).

Dalam pertemuan lebih satu jam itu, Tim Cook di antaranya menyampaikan tentang rencana pembangunan Apple Developer Academy atau akademi pengembang keempat di Indonesia.

Pertemuan bos perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Kami akan membuka akademi pengembang keempat. Kami baru saja mengumumkannya kemarin," kata Tim usai pertemuan.

Akademi pengembang keempat ini akan berlokasi di Bali. Sebelumnya Apple telah mendirikan akademinya di kawasan BSD (Kabupaten Tangerang) Banten, Sidoarjo Jawa TImur, dan Nongsa Batam.

"Yang ini akan berada di Bali," tuturnya.

Tim Cook mengaku tidak sabar melihat performa akademi Apple mencetak lulusan yang membuat berbagai aplikasi di App Store. Sejauh ini Para lulusan Apple Developer Academy telah menciptakan berbagai aplikasi yang menarik perhatian dalam dan luar negeri.

"Jadi, kami sangat antusias," katanya.

Sementara itu Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pembangunan Apple Developer Academy keempat di Indonesia merupakan hasil kesepakatan antara Apple Inc dengan pemerintah Indonesia.

"Ini sebetulnya keempat fasilitas Apple Development Academy ini memang berdasarkan dari kesepakatan antara Indonesia dengan Apple antara pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenperin dengan Apple untuk mereka bisa mendapatkan nilai 35 persen. jadi basisnya adalah investasi. Basisnya adalah investasi," katanya.

Menurutnyam dari tiga Academy yang dibangun, Apple sudah investasi 1,2 triliun rupiah. Sementara nilai impor produk Apple di Indonesia mencapai 2 miliar Dolar AS.

"Maka, tadi kami bapak presiden juga meminta agar supaya establishmentnya diperluas. cara establishment itu banyak, banyak cara," pungkasnya.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #bertemu #jokowi #apple #cook #sebut #akan #bangun #akademi #apple #keempat #indonesia

KOMENTAR