Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Pilih Investasi di Vietnam
CEO Apple, Tim Cook. [YouTube/Apple]
14:32
16 April 2024

Sebelum ke Indonesia, Bos Apple Tim Cook Pilih Investasi di Vietnam

CEO Apple Tim Cook dijadwalkan bakal berkunjung ke Indonesia pada Rabu (17/4/2024) besok. Sebelum itu, ia lebih dulu mengunjungi Vietnam yang merupakan tetangga Indonesia di Asia Tenggara.

Saat di Vietnam, Tim Cook berkunjung ke pusat manufaktur utama Apple sekaligus bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh. Di sana, ia juga memastikan Apple bakal meningkatkan investasi di Vietnam.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu bakal meningkatkan anggaran belanja untuk para pemasok di Vietnam, yang mana Apple memang sudah menciptakan sekitar 200.000 lapangan pekerjaan.

Sementara itu Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh menyebut bakal membentuk kelompok kerja untuk mendukung investasi Apple, sebagaimana dilansir dari Reuters, Selasa (16/4/2024).

Diketahui Tim Cook tiba di Hanoi sejak Senin untuk kunjungan dua hari. Di sana ia bertemu dengan pemasok, pelajar, kreator konten, hingga pengguna produk Apple.

Di sisi lain Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi memastikan kalau CEO Apple Tim Cook akan datang ke Indonesia pada 17 April 2024 besok.

"Oh ya besok, dia datang nanti tanggal 17," kata Budi Arie saat ditemui di acara Halalbihalal di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Sayangnya dia enggan memberikan informasi lebih lanjut soal kedatangan bos Apple tersebut ke Indonesia. Ia menyebut kalau kunjungannya ke RI mengandung kejutan.

"Ya nanti dong (agendanya apa), enggak kejutan dong kalau gitu," imbuhnya.

Tapi dia mengklaim kalau perusahaan besar dari berbagai negara akan menanamkan investasi yang signifikan di Indonesia. Budi Arie tetap ogah menjelaskannya lebih lanjut.

"Yang pasti semua perusahaan-perusahaan besar dari AS (Amerika Serikat) dan seluruh negara di dunia akan investasi yang signifikan di Indonesia. Nanti tunggu besok ada kejutan," papar dia.

Budi Arie juga menyebut kalau Tim Cook dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Namun dia tetap enggan menjelaskan informasinya lebih dalam.

"Ya terjadwalkan (bertemu Jokowi), (soal investasi) akan diumumkan, akan melakukan investasi. Ya nanti besok dong jangan hari ini," pungkasnya.

Sebelumnya Budi Arie Setiadi sudah mengumumkan kalau CEO Apple Tim Cook berencana hadir ke Indonesia pada April 2024 mendatang.

Menkominfo menyebut kalau kehadiran Tim Cook untuk meresmikan Apple Academy baru di Indonesia. Selain itu, Cook juga ingin meninjau kondisi Apple Academy yang sudah ada di Tanah Air.

"Dia mau bikin Apple Academy, nah kami juga mau lihat dan tinjau Apple Academy (yang sudah ada) di BSD (Tangerang)," sambung dia.

"Apple Academy ini untuk melatih SDM (sumber daya manusia), sehingga SDM-SDM digital kita semakin kompetitif," katanya lagi.

Budi Arie menerangkan kalau saat ini ada dua Apple Academy yang  beroperasi di Indonesia dan berlokasi di BSD, Tangerang, hingga Batam. Lembaga itu juga sudah melatih 2.000 talenta Tanah Air.

Sekadar informasi, Apple Developer Academy sudah ada di Indonesia sejak 2017. Mereka bekerja sama BINUS University di Jakarta, Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning di Batam.

Apple Developer Academy telah menyiapkan siswa untuk pekerjaan-pekerjaan di ekonomi digital dan aplikasi yang berkembang cepat di Indonesia.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #sebelum #indonesia #apple #cook #pilih #investasi #vietnam

KOMENTAR