Selain Pelumas Mesin, Penggunaan Aditif Juga Penting untuk Jaga Performa Mobil Saat Mudik
Penggunaan cairan adiftif pada pelimas juga peting agar mesin tak over head.
16:04
6 April 2024

Selain Pelumas Mesin, Penggunaan Aditif Juga Penting untuk Jaga Performa Mobil Saat Mudik

Mudik lebaran menggunakan mobil pribadi sebaiknya pastikan kondisinya "sehat". Karena para pemudik tak jarang berteman dengan kemacetan karena potensi kepadatan arus lalu lintas. Hal ini membuat kerja mesin semakin berat serta berpotensi mesin alami overheat.

Ada solusi dalam menjaga performa agar tetap maksimal selain melakukan perawatan rutin. Yaitu memberikan pelumas yang pas dengan kebutuhan mobil Anda. Salah satunya adalah Bardahl yang merupakan pelumas dan aditif ini juga sekaligus mampu melindungi komponen mesin.

Bardahl diklaim mampu memberikan pilihan produk terbaik untuk merawat mesin mobil baru maupun lama secara komprehensif lewat Bardahl B1 & B2 Engine Treatment. Ini adalah aditif pelumas yang secara khusus untuk meningkatkan reduksi gesekan logam pada mesin.

Menggunakan formula “Polar Plus” dan molekul Fullerene C60 yang bekerja dan memberikan perlindungan bagian-bagian mesin yang vital dalam kondisi yang paling ekstrim karena mampu menempel sempurna di logam mesin.

Selain itu juga mampu mencegah terbentuknya sludge atau lumpur yang bisa mengakibatkan overheat hingga kerusakan fatal pada mesin.

Menurut Pudjijarto Sutjipto selaku Vice President Bardahl Indonesia, secara spesifik, Bardahl B1 peruntukkannya khusus mobil usia pakai 1 hingga 5 tahun, dengan akumulasi jarak tempuh di bawah 80 ribu kilometer.

Sedangkan dan Bardahl B2 untuk usia mobil yang lebih tua dengan jarak tempuh sudah diatas 80 ribu kilometer.

"Aditif ini berfungsi dalam menjaga pelumasan mesin pada kondisi ekstrim seperti beban berlebih atau suhu yang meningkat, menjaga mesin performa mesin pada saat starter agar lebih halus.” urai Pudjijarto.

Puji menambahkan fungsi lain juga mampu mengembalikan tenaga yang hilang dan meregenerasi mesin dan seal-seal yang tua.

Selain itu formula “Polar Plus” dapat memperpanjang usia mesin dengan mengurangi deposit karbon dan menambahkan lapisan (oil film) pada bagian-bagian terkecil mesin, sehingga mampu meningkatkan perlindungan, tenaga, hingga efisiensi bahan bakar.

Pemakaiannya praktis, masukkan kedalam crankcase oli mesin pada saat penggantian oli baru. Bisa digunakan pada mesin bensin dan diesel dengan kapasitas campuran maksimal 5 (lima) liter oli untuk 1 (satu) botol Bardahl B1 atau B2.

Aditif tersebut sangat cocok disandingkan dengan oli mesin Bardahl XTC S9, karena mempunyai spesifikasi tertinggi di kelasnya, yaitu API service SP dan ILSAC GF-6A.

Oli mesin tersebut merupakan pelumas yang terbuat dari base oil sintetik sepenuhnya. Dilengkapi formula Fullerene C60 yang merupakan molekul anti-aus metalo-organik yang unik.

Formula ini menggabungkan sifat polar dari senyawa sintetik dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih. Ini juga mencegah pembentukan endapan untuk kebersihan mesin, akselerasi mesin meningkat, dan stabil pada suhu tinggi.

“Sebelum melakukan perjalanan jauh dengan kondisi jalanan yang padat, sebaiknya persiapkan kebugaran fisik dan juga kondisi kendaraan agar tetap prima hingga aktifitas mudik dan balik dapat berjalan dengan lancar," pungkas Pudjijarto Sutjipto.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #selain #pelumas #mesin #penggunaan #aditif #juga #penting #untuk #jaga #performa #mobil #saat #mudik

KOMENTAR