Mobil Pakai Roof Box saat Mudik, Wajib Perhatikan Hal Ini Biar Selamat sampai Tujuan
Mobil menggunakan roof box untuk membawa barang tambahan (REI)
16:56
2 April 2024

Mobil Pakai Roof Box saat Mudik, Wajib Perhatikan Hal Ini Biar Selamat sampai Tujuan

 

Musim mudik Lebaran makin dekat. Tak hanya menggunakan transportasi umum, perjalanan mudik Lebaran dengan mobil pribadi juga jadi pilihan masyarakat.

Saat melakukan perjalanan mudik, tentunya banyak barang yang ingin dibawa sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta di kampung halaman. Biasanya, saat musim mudik Lebaran tiba, mulai banyak terlihat mobil-mobil pemudik membawa barang bawaan di atas atap mobil.

Selain membawa barang di atap dengan cara diikat dan ditutup terpal, kini juga telah tersedia pilihan roof box atau boks yang biasa ditaruh di atap yang bisa dibeli masyarakat dengan mudah.

Bagi para pengguna yang ingin mudik dengan menggunakan roof box, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal pertama yang perlu diperhatikan betul-betul adalah jenis mobil dan roof box-nya.

"Untuk yang ingin pakai roof box perhatikan letak stager (dudukan). Jangan di atap. Biasanya mobil sekarang tidak ada penguatnya di bagian atap. Khawatir ini jebol atau ambles ke dalam," ujar pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) saat ditemui JawaPos.com di Jakarta belum lama ini.

Kemudian, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah berat muatan yang ingin diletakkan di roof box. Jangan terlalu berat, usahakan ikuti batas maksimal yang ada pada buku manual boks yang dibeli sesuai merek.

Kecepatan juga perlu dijaga dan diperhatikan kecepatannya. Sebab, saat berada muatan di atas atap, center of gravity atau titik pusat gravitasi mobil jadi berubah, saat tadinya berada di tengah atau bawah, jadi pindah ke atas.

"Kalau sudah ada beban di atas, limbungnya akan berbeda. Kecepatan maksimal 80 km per jam saja. Jangan lebih, ini akan berpengaruh ke aspek lainnya juga seperti pengereman dan handling, hati-hati, tertiup angin bisa mengguling," lanjut pihak ADM.

Kemudian, perhatikan tingginya, jangan sampai lupa. Tinggi roof box ini berpengaruh terhadap proses lancarnya pembayaran di pintu tol.

Sebab, untuk masuk pintu tol biasanya kan ada batasan (tinggi) di gerbang. Ini yang sering terjadi, mereka lupa sedang pakai roof box, misalnya biasa masuk gate kendaraan kecil, tapi saat memakai roofbox jadi bertambah tinggi dan tidak bisa masuk ke gerbang khusus kendaraan kecil.

 

Terakhir, sesuaikan gaya berkendara. Hal ini berkenaan juga dengan bobot muatan dan jenis kendaraan. Jangan overload, ingat, keluarga menanti di kampung halaman. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #mobil #pakai #roof #saat #mudik #wajib #perhatikan #biar #selamat #sampai #tujuan

KOMENTAR