Riset: Instagram Jadi Media Sosial Terpopuler Gen Z di Indonesia selama 2023
Ilustrasi media sosial. [Invinyx dan Jakpat]
14:32
27 Maret 2024

Riset: Instagram Jadi Media Sosial Terpopuler Gen Z di Indonesia selama 2023

Riset dari Invinyx dan Jakpat mengungkapkan kalau Instagram menjadi media sosial paling populer di kalangan Gen Z Indonesia sepanjang tahun 2023.

Dalam studi bertajuk Pemetaan Strategi Influencer di Media Sosial ini, Instagram menjadi media sosial terpopuler yang dipilih oleh 94 persen responden.

"Laporan terbaru ini memberikan insight menarik bagi pelaku industri mengenai perilaku masyarakat Indonesia di media sosial," kata Co-Founder at INVINYX Digital Agency, Muhammad Ilmayanto Rustriananda dalam siaran pers, Rabu (27/3/2024).

Tiga besar media sosial populer di Indonesia lainnya yakni YouTube dengan persentase 91 persen dan TikTok dengan 81 persen.

Riset itu juga mengungkapkan kalau vlog, podcast, hingga story menjadi format konten yang paling diminati di media sosial.

Terkait klasifikasi gender, kalangan perempuan lebih menyukai format konten vlog dan foto. Sedangkan para lelaki cenderung minat dengan bentuk konten seperti live streaming hingga giveaway.

Hiburan kini menjadi jenis konten teratas yang paling populer ditonton di media sosial dengan persentase 88 persen. Di bawahnya ada kuliner dengan 84 persen dan fesyen 65 persen.

Selain konten, Kuliner juga menjadi produk paling populer untuk dibeli responden di media sosial. Baik Gen Z dan Gen X (Milenial) sama-sama menempati kuliner sebagai produk paling diminati untuk dibeli.

Terakhir, survei mengungkapkan kalau ada faktor penting yang mempengaruhi responden dalam membeli produk di media sosial. Mereka yang mau jualan online disarankan untuk menyematkan link atau tautan agar produknya bisa dibeli.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #riset #instagram #jadi #media #sosial #terpopuler #indonesia #selama #2023

KOMENTAR