Anggota Windows Insiders Kini Bisa Pakai Kamera Smartphone Berkualitas Tinggi untuk Webcam di Windows 11
Ilustrasi: Menggunakan kamera ponsel berkualitas tinggi kini dimungkinkan di Windows 11. (Windows).
09:04
26 Maret 2024

Anggota Windows Insiders Kini Bisa Pakai Kamera Smartphone Berkualitas Tinggi untuk Webcam di Windows 11

Pengguna Windows Insiders diberi banyak keleluasaan saat ini. Hal tersebut menyusul Microsoft yang meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mengubah ponsel atau tablet Android mereka menjadi webcam untuk aplikasi video apa pun di PC Windows 11.   Sebelumnya, terkait fitur tersebut memang telah beredar spekulasinya dan diyakini akan segera hadir. Ini berarti pengguna kini dapat meninggalkan webcam berukuran besar dan menikmati kamera ponsel berkualitas tinggi di komputer mereka, semuanya secara nirkabel dan dengan fleksibilitas tambahan.   Di blog resmi Windows, siempunya perangkat lunak tersebut menulis bahwa mereka secara bertahap meluncurkan kemampuan untuk menggunakan kamera ponsel atau tablet Android Anda di aplikasi video apa pun di PC Windows 11 Anda ke Windows Insiders di semua Saluran Insider.   

  "Dengan fitur ini, Anda akan dapat menikmati kualitas tinggi kamera perangkat seluler di PC Anda secara nirkabel dengan fleksibilitas dan kemudahan. Beberapa kemampuannya termasuk kemampuan beralih antara kamera depan dan belakang, menjeda streaming saat ada gangguan, dan menikmati efek yang disediakan oleh model ponsel Anda," jelas Windows.    Bayangkan menggunakan kamera ponsel Anda untuk panggilan video, konferensi, atau bahkan streaming, dengan kebebasan untuk beralih antara kamera depan dan belakang untuk mendapatkan bidikan yang sempurna. Hal tersebut jelas memberikan fleksibilitas lebih.   Perlu istirahat sejenak selama panggilan? Cukup jeda streaming video dari PC Anda dan lanjutkan ketika Anda siap. Selain itu, Anda bahkan dapat memanfaatkan efek khusus yang ditawarkan oleh kamera ponsel Anda, menambahkan sentuhan menyenangkan pada interaksi video Anda.  

  Untuk memulai fitur tersebut juga mudah, cukup pastikan ponsel atau tablet Android Anda menjalankan Android 9.0 atau lebih baru dan telah menginstal aplikasi Tautan ke Windows versi 1.24012 atau lebih tinggi.    Menghubungkan ponsel Anda sebagai webcam juga sama, cukup buka Pengaturan > Bluetooth & perangkat > Perangkat seluler, pilih “Kelola perangkat” dan berikan akses PC ke ponsel Anda. PC Anda kemudian akan menerima pembaruan yang diperlukan dari Microsoft Store.   Microsoft juga mendorong pengguna untuk membagikan masukan mereka! Buka Hub Umpan Balik (WIN + F) dan bagikan di bawah Perangkat dan Driver > Perangkat tertaut. Meskipun ada aplikasi pihak ketiga seperti DroidCam yang mencapai hasil akhir yang sama (dan telah ada selama bertahun-tahun), mengintegrasikan fitur ini ke dalam Windows merupakan terobosan baru dalam hal kenyamanan dan kecepatan. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #anggota #windows #insiders #kini #bisa #pakai #kamera #smartphone #berkualitas #tinggi #untuk #webcam #windows

KOMENTAR