Google Rayakan Hari Perempuan Internasional 2024 Lewat Doodle, Women Support Women
Google doodle Hari Perempuan Internasional 2024. [Google]
06:24
8 Maret 2024

Google Rayakan Hari Perempuan Internasional 2024 Lewat Doodle, Women Support Women

Google merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada hari ini, Jumat (8/3/2024) lewat doodle perempuan yang muncul di halaman awal pencarian.

Google doodle itu memperlihatkan setidaknya tiga wanita dari ras dan usia yang berbeda. Ketiganya terlihat berkumpul bersama di balik selimut warna-warni yang memiliki huruf Google secara acak.

Perempuan yang paling tua terlihat memegang buku, sementara dua perempuan lainnya terlihat menyimak. Tampak pula seekor kucing oranye berada di tengah mereka.

Menurut situs resmi International Women's Day, Google doodle hari ini menyoroti sekelompok perempuan yang berbagi kebijaksanaan lintas generasi dalam selimut yang disulam dengan simbol kemajuan yang dicapai selama bertahun-tahun.

Doodle yang diilustrasikan oleh Sophie Diao ini mempresentasikan kehidupan pribadinya, di mana keluar dari pihak ibunya sebagian besar adalah perempuan.

Ilustrasi Peringatan Hari Perempuan Internasional (Freepik.com/freepik)Ilustrasi Peringatan Hari Perempuan Internasional (Freepik.com/freepik)

"Saya ingin menangkap perasaan nyaman dan menyenangkan dari generasi tua yang berbagi kebijaksanaan dan waktu berkualitas yang berharga dengan orang-orang yang lebih muda," ucap Sophie Diao, seperti dikutip dari situs International Women's Day pada Jumat (8/3/2024).

Secara umum, Hari Perempuan Internasional dirayakan secara global yang ditandai dengan demonstrasi, yang sebagian besar dilakukan oleh perempuan di seluruh dunia, muali dari protes agresif hingga kegiatan amal.

Hari Perempuan Internasional sendiri diperingati pada 8 Maret setelah terjadi protes besar-besaran di Rusia pada 23 Februari 1917.

Pada saat itu, para perempuan di Rusia turun ke jalan dan melakukan protes demi makanan dan perdamaian. Para pengunjuk rasa termasuk janda, istri, dan ibu dari laki-laki yang meninggal atau terluka selama perang.

PBB kemudian mulai memperingati Hari Perempuan Internasional pada 1975 dan General Assembly secara resmi mengakui hari tersebut dua tahun kemudian.

Mengingat ini adalah perayaan internasional, Google doodle tersebut tak hanya tersedia di Indonesia, namun muncul hampir di seluruh dunia.

Jika pengguna mengklik ikon doodle tersebut, maka pengguna akan melihat artikel apa pun yang berkaitan dengan Hari Perempuan Internasional.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #google #rayakan #hari #perempuan #internasional #2024 #lewat #doodle #women #support #women

KOMENTAR