Adobe Luncurkan Alat Text-to-Music Berbasis AI, Bisa Bikin Musik Hanya Lewat Teks
Ilustrasi: Tools musik baru berbasis AI dikenalkan Adobe. (Adobe via Engadget)
14:28
7 Maret 2024

Adobe Luncurkan Alat Text-to-Music Berbasis AI, Bisa Bikin Musik Hanya Lewat Teks

- Era kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sudah tiba. Hal tersebut bisa dilihat dengan banyaknya aplikasi AI baru yang bermunculan, memudahkan pengguna dalam berbagai pekerjaan mereka.

Selain untuk gambar dan teks, juga video, AI untuk musik kini mulai hadir. Adobe telah meluncurkan tools atau alat yang disebut Project Music GenAI Control. Sistem AI eksperimental ini memungkinkan Anda tidak hanya menghasilkan musik tetapi juga mengeditnya langsung dalam antarmuka yang sama.

Seperti namanya, alat ini memungkinkan pengguna membuat musik hanya dengan deskripsi teks sederhana. Bayangkan membutuhkan intro elektronik yang epik – cukup ketik “epic electronic” dan biarkan AI bekerja dengan ajaibnya.

Dilansir dari Engadget, Project Music GenAI Control dari Adibe lebih dari sekadar menghasilkan musik. Ini memungkinkan Anda menyempurnakan karya Anda dengan menyesuaikan tempo, struktur, pengulangan, dan intensitas agar sesuai dengan visi Anda.

Anda bahkan dapat memperluas kanvas Anda dengan memanjangkan panjangnya, mencampur ulang bagian-bagiannya, atau membuat lingkaran musik, semuanya dalam alat yang sama. Dan jika Anda sudah memiliki bagian audio, Anda bahkan dapat mengubahnya berdasarkan melodi referensi, sehingga membuka lebih banyak kemungkinan kreatif.

Tidak seperti alat musik AI lainnya, Project Music GenAI Control memberdayakan Anda dengan kemampuan pengeditan yang presisi, menawarkan tingkat kontrol yang serupa dengan bekerja dengan piksel di Photoshop, namun diterapkan pada dunia suara.

Alur kerja yang mulus ini menghilangkan kebutuhan untuk berpindah antar aplikasi yang berbeda, sehingga menyederhanakan proses kreatif Anda. Adobe di sisi lain juga menekankan praktik AI yang bertanggung jawab dengan memastikan musik yang dihasilkan aman untuk penggunaan komersial.

Mereka juga menerapkan Kredensial Konten, bertindak seperti “label nutrisi” yang mengungkapkan sifat kreasi Anda yang dibantu AI. Dikembangkan melalui kerja sama dengan universitas ternama, Project Music GenAI Control masih dalam tahap percobaan. Meski antarmuka yang mudah digunakan masih dalam pengembangan, pandangan sekilas ke masa depan pembuatan audio menunjukkan bahwa alat yang kuat dan intuitif akan segera hadir.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #adobe #luncurkan #alat #text #music #berbasis #bisa #bikin #musik #hanya #lewat #teks

KOMENTAR