Tips Racikan Roller Motor Matic Biar Akselerasinya Mantap, Dijamin Ngacir di Awal
Ilustrasi: Roller pada motor matic. (Wahana Honda). J
15:32
26 Oktober 2024

Tips Racikan Roller Motor Matic Biar Akselerasinya Mantap, Dijamin Ngacir di Awal

Beda yang paling kentara antara motor dengan transmisi manual dan otomatis atau matic adalah pada sistem penggeraknya. Kalau di motor manual atau motor gigi, daya dari mesin ditransfer ke roda belakang melalui rantai dan gear set untuk kemudian menggerakkan roda.

Sementara pada motor matic, rantai dan gear set ditanggalkan, diganti dengan sistem penggerak CVT berbasis belt atau sabuk, puli atau pulley dan roller. Motor matic dengan CVT ini dikenal lebih nyaman, nggak berisik dan minim perawatan seperti melakukan penyetelan rantai secara berkala.

Namun kekurangan motor matic adalah tidak bisa mengakomodir kebutuhan masing-masing pengguna atau bikers-nya. Karakternya ya begitu, jadi kalau mau disetting sesuai keinginan penunggangnya agak susah.

Ambil contoh untuk menentukan akselerasi dan final gear-nya, kalau di motor manual, gampang, tinggal lakukan penggantian gear, diatur, butuh akselerasi ya tinggal ganti ukuran lebih besar, sementara kalau mau konstan dan narik di tenaga atas, ukuran gear-nya dikecilkan.

Di motor matic sulit, kalau mau mengatur demikian, butuh settingan roller yang tepat. Meraciknya juga tricky, butuh riset dan mesti dilakukan berulang sampai ketemu padanan yang pas.

Buat yang senang akselerasi dan tarikan menjambak di awal, menggunakan roller dengan bobot yang ringan bisa jadi pilihan. Roller ringan ini juga sangat cocok untuk kamu yang tinggal di daerah perbukitan, dengan banyak medan menanjak.

Roller ringan juga direkomendasikan buat pengendara dengan bobot yang berat atau sering membawa beban berat. Bagi kalian yang ingin motor lebih lihai di trek pendek juga direkomendasikan menggunakan roller yang lebih ringan dari standarnya.

Penggantian roller ringan sebaiknya dilakukan secara bertahap agar bisa sesuai dengan selera yang diinginkan. Jika berat roller standar adalah 10 gram, sebaiknya beli dulu yang 9 gram. Jika kurang bisa pakai yang 8 gram.

Itulah yang bikin beda dengan motor manual, meraciknya ribet. Penurunan atau kenaikan roller umumnya seberat 2 gram, lebih dari itu motor bakal terasa sangat berbeda dari sebelumnya.

Mengutip Deltalube, memakai roller ringan juga berefek pada putaran mesin yang lebih tinggi pada kecepatan yang sama dengan sebelumnya. Efeknya motor akan sedikit lebih boros dan menggerung ketimbang roller standarnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tips #racikan #roller #motor #matic #biar #akselerasinya #mantap #dijamin #ngacir #awal

KOMENTAR