Samsung Bakal Bikin Smartphone Lipat Tiga, Simak Bocoran Bentuknya
Bocoran smartphone lipat tiga Samsung. (Gizchina)
08:16
25 Oktober 2024

Samsung Bakal Bikin Smartphone Lipat Tiga, Simak Bocoran Bentuknya

- Samsung bersiap untuk lompatan besar berikutnya dalam hal smartphone lipat atau foldable phone. Menurut ZDNet Korea, perusahaan tersebut tengah menggarap "Tri-Foldable Phone," yang mungkin dapat dirilis tahun depan.

Perangkat baru tersebut dikatakan memiliki layar yang dapat dilipat di dua titik, menandai langkah baru bagi merek tersebut di pasar ponsel lipat. Sejauh ini, Samsung memang sudah jadi pionir di kategori tersebut dan produknya diterima cukup baik di pasaran, termasuk Indonesia.

Desain smartphone lipat tiga baru Samsung ini tampaknya terinspirasi dari Mate XT besutan Huawei, ponsel dengan layar besar dan dua engsel lipat. Sementara Huawei telah membuat langkah maju dengan Mate XT yang dapat dilipat, Samsung telah memamerkan desain prototipe dengan layar OLED yang dapat dilipat selama beberapa tahun.

Mengutip Gizchina, Samsung sendiri agaknya sangat ingin memperluas jangkauan ponsel lipatnya, dan peluncuran ponsel lipat tiga akan memungkinkan perusahaan untuk lebih memanfaatkan permintaan layar fleksibel yang terus meningkat. Dengan menambahkan dua titik lipat, layar dapat menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dan tampilan yang lebih besar saat dibuka sepenuhnya.

Selain itu, menurut orang dalam, perangkat keras untuk desain ponsel lipat tiga Samsung sudah lengkap. Tim yang bertanggung jawab untuk membangun layar lipat telah mengerjakan komponen yang diperlukan selama beberapa waktu.

Pemasok Samsung juga telah terlibat dalam proses tersebut. Hal tersebut jelas untuk memastikan bahwa semua komponen yang dibutuhkan untuk desain ponsel sudah siap.

Meski ada kemajuan ini, keputusan akhir untuk meluncurkan ponsel lipat tiga ini berada di tangan Divisi Pengalaman Seluler (MX) Samsung. Manajemen perusahaan harus memutuskan apakah sekarang saat yang tepat untuk bersaing dengan Huawei di pasar ponsel lipat engsel ganda atau tidak.

Salah satu kekhawatiran utama yang menghambat peluncuran ponsel lipat tiga Samsung adalah harganya. Mate XT besutan Huawei, dengan layar besar 10,2 inci, dibanderol sekitar Rp 50 jutaan di Tiongkok.

Perangkat Samsung dengan fitur serupa kemungkinan akan berada di kisaran harga yang sama, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang daya tarik pasarnya. Harga yang tinggi dapat membatasi basis pelanggan potensial untuk produk semacam itu. Hal ini mungkin membuat Samsung ragu untuk melanjutkan peluncurannya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #samsung #bakal #bikin #smartphone #lipat #tiga #simak #bocoran #bentuknya

KOMENTAR