Mitsubishi XForce Tak Pasang Sunroof Bukan Tanpa Alasan, Konsumen Harus Tahu
Mitsubishi XForce dengan keunggulan yang diberikan sangat diminati konsumen. [Foto: Dony}
08:40
12 Januari 2024

Mitsubishi XForce Tak Pasang Sunroof Bukan Tanpa Alasan, Konsumen Harus Tahu

- Kehadiran Mitsubishi Xforce yang bermain di segmen Sport utility Vehicle (SUV) Compact mendapat sambutan hangat konsumen otomotif di Indonesia. Pasalnya Mitsubishi menyuguhkan XForce yang menawarkan beragam keunggulan yang tak dimiliki rivalnya.

Namun di sisi lain muncul pertanyaan sekalikus kritikan dari sejumlah pihak, terutama absennya sunroof ataupun panoramic roof di mobil ini. Ada beberapa alasan mengapa XFooce tak menanamkan fitur tersebut.

Menurut Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita sempatpat memberikan alasan saat acara Mitsubishi XForce akhir tahun lalu [4/12], ada 3 alasan mengapa Mitsubishi XForce yang dijual saat ini tidak menggunakan sunroof, panoramic roof, apalagi panoramic sunroof.

Padahal, sebelumnya Mitsubishi dengan beberapa produknya punya pendekatan berbeda dengan SUV-SUV mereka. Seperti Mitsubishi Outlander Sport dengan panoramic sunroof cukup besar, Mitsubishi Pajero Sport dengan sunroof, serta Mitsubishi Eclipse Cross dengan panoramic sunroof.

Kurita menyatakan alasan pertama terkait dengan dynamic sound dari Yamaha, karena dalam hal audio membutuhkan insulasi suara yang terbaik. Dan kondisi ini bisa dicapai dengan cara meniadakan sunroof ataupun panoramic roof.

"Kami tidak memakai [sunroof] karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha. Selain itu untuk mendapatkan performa yang baik dan ruangan yang nyaman akan sangat mungkin tanpa panoramic roof. Begitu juga dengna ruangan yang lebih lega. Makanya kami memiih untuk tidak memasang panoramic roof," ujarnya.

Kurita juga menambahkan dengan menggunakan atap biasa, maka kekedapan di kabin akan lebih baik dan lebih minim adanya kebocoran suara. Maka audio yang dihasilkan oleh dynamic sound Yamaha akan berada di level yang maksimal.

Alasan kedua adalah mempertimbangkan masalah berat, seperti diketahui bahwa Mitsubishi XForce adalah crossover paling bongsor di kelasnya diantara kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta yang sudah dilengkapi atap kaca. Ini tentunya, dimensi juga berimbas pada bobot kendaraan.

Selain itu kami juga ingin mobil ini punya efisiensi bahan bakar yang baik.
Kami punya mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh karena penggunaan panoramic roof.

Alasan terakhir adalah perihak head room atau head clearance. Karena head room Mitsubishi XForce adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

"Dengan penambahan sunroof, headroom akan berkurang karena ada space yang termakan untuk mekanisme buka tutup tirai ataupun kaca sunroof," ujarnya.

Di sisi lain MMKSI juga mencoba melakukan studi, jika memang diperlukan ke depannya bisa saja memasang panoramic roof. Hanya saja itu akan sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar dan Yamaha Audio.

Intan Vidiasari, General Manager Marketing and PR Communication MMKSI menambahkan, sebenarnya dynamic sound itu bukan audio biasa. Jadi bukan sekadar dipasang saja.

"Audio itu didesain bersama mobilnya. Saat mobilnya berakselerasi dan kena hujan, dia punya teknologi sensor yang bisa menyesuaikan kualitas suaranya. Jadi kalau musiknya terasa lebih kencang itu karena mobil melewati kondisi jalan yang kurang ideal.
Kalau sound system enggak peduli, tidak ada penyesuaian. Di Yamaha ini seiring berjalan maka akan melakukan penyesuaian," pungkasnya.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #mitsubishi #xforce #pasang #sunroof #bukan #tanpa #alasan #konsumen #harus #tahu

KOMENTAR