Samsung Perkuat Kemitraan dengan Arm untuk Menciptakan Chip Kustom dan Inovatif
Pemandangan fasilitas produksi chip Samsung Electronics di Hwaseong, Korea Selatan, dalam foto handout yang diperoleh Reuters pada 30 Juni 2022. (sumber: ANTARA FOTO/Samsung Electronics Handout)
13:52
23 Februari 2024

Samsung Perkuat Kemitraan dengan Arm untuk Menciptakan Chip Kustom dan Inovatif

 - Samsung Electronics Co., pembuat chip memori terbesar di dunia, akan memperluas kemitraannya dengan perusahaan desain chip asal Inggris, Arm, dalam upaya meningkatkan daya saing bisnis foundry.

Sebagai bagian dari kerja sama, divisi foundry produsen chip asal Korea Selatan tersebut akan bekerja sama dengan Arm untuk mengoptimalkan aset desain dari system-on-chip (SoC) generasi berikutnya milik Arm atau teknologi proses gate-all-around (GAA) terbaru milik Samsung, sesuai dengan pernyataan resmi Samsung Electronics.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan Samsung Electronics dalam mendapatkan akses yang lebih besar ke proses GAA terbaru dan mengurangi waktu serta biaya yang diperlukan dalam pengembangan produk generasi berikutnya.

Dilansir dari Antara News, Jum'at (23/2), teknologi GAA adalah inovasi semikonduktor terkini yang mengatasi penurunan performa transistor akibat proses miniaturisasi dan meningkatkan kinerja pemrosesan data serta efisiensi energi.

Samsung Electronics mencatat sejarah sebagai pionir pertama yang menghadirkan teknologi GAA dalam proses 3 nanometer pada tahun 2022.

Samsung Electronics dan Arm juga berencana untuk mengembangkan teknologi GAA 2 nanometer untuk pusat data masa depan dan solusi chip kecerdasan buatan (AI) yang akan mengubah landscape komputasi mobile AI di masa depan.

Perusahaan Korea tersebut menyatakan bahwa kerja sama terbaru ini merupakan hasil dari kemitraan jangka panjang mereka yang telah membawa jutaan perangkat dengan CPU Arm ke dalam berbagai tahap proses yang ditawarkan oleh bisnis foundry Samsung.

"Seiring dengan memasuki era Gen AI, kami bersemangat untuk memperluas kemitraan kami dengan Arm untuk menghadirkan CPU Cortex-X generasi berikutnya, yang memungkinkan pelanggan bersama kami menciptakan produk-produk inovatif," kata Kye Jong-wook, Kepala Pengembangan Platform Desain Foundry Samsung Electronics, dilaporkan oleh kantor berita Yonhap pada Jumat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #samsung #perkuat #kemitraan #dengan #untuk #menciptakan #chip #kustom #inovatif

KOMENTAR