Chery Tiggo 5X Meluncur Hadapi  Daihatsu Rocky, Toyota Raize dan Honda WR-V
Posisi Tiggo 5X akan berada di bawah Tiggo 7 Pro, bahkan varian baru tersebut diklaim setara dengan Tiggo 4 Pro.[Foto: Dony]
12:08
21 Pebruari 2024

Chery Tiggo 5X Meluncur Hadapi Daihatsu Rocky, Toyota Raize dan Honda WR-V

- Penuhi janji akhirnya Chery Tiggo 5X resmi diluncurkan dengan memanfaatkan ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Posisi Tiggo 5X akan berada di bawah Tiggo 7 Pro, bahkan varian baru tersebut diklaim setara dengan Tiggo 4 Pro.

Menurut Assistant Vice President PT Chery Sales Indonesia [CSI] Zeng Shuo di IIMS 2024 saat peluncuran [20/2], mobil ini panjangnya 4,4 meter, jadi luas dan nyaman. Lalu dari segi interior, Tiggo 5X paling mewah di kelasnya, cocok untuk keluarga.

"Khusus bagi konsumen loyal Chery kami berikan keuntungan khusus selama pameran IIMS berlangsung. Jadi selain harga tersebut kami berikan tambahan (potongan) Rp20 juta," kata Zeng Shuo.

Menengok spesifikasi, rival dari Daihatsu Rocky, Toyota Raize dan Honda WR-V ini menggunakan mesin berkubikasi 1.500 cc naturally aspirated. Dengan konfigurasi mesin tersebut mampu menggelontorkan tenaga 83 kW atau setara 111 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 2.750 rpm.

Desain eksteriornya dari Tiggo 5X ini menggunakan desain grille yang sama dari seri Tiggo seperti yang dimiliki Tiggo 7 dan Tiggo 8. Sedangkan pada lampu depannya mengusung desain crystal diamond lamp.

Masuk ke bagian interior, dibenamkan layar infotainment berukuran 10,25 inci dan sudah layar sentuh. Mendukung fitur perintah suara, dan menampilkan kamera 360. Kemudian, interiornya juga sudah dilengkapi dengan ambient light multi warna dan tak ketinggalan sunroof.

Bicara teknologi keselamatan dan bantuan mengemudi, Tiggo 5X dilengkapi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assistant System (BAS), Electronic Stability Program (ESP), Traction Control System (TCS), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), hingga monitor tekanan ban.

Sedangkan fitur ADAS pada mobil ini mencakup Lane Departure Warning, Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Adaptive Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), serta Intelligent High-beam Control Headlamp (IHC).

Masalah harga Tiggo 5X dipasarkan dalam dua varian, yakni Classic dengan banderol Rp 269 juta dan Champion dengan banderol Rp 299 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Khusus di IIMS, harganya turun jadi Rp 249 juta untuk Classic dan Rp 279 juta untuk varian Champion.

Bagi konsumen yang memesan Tiggo 5X di IIMS, kabarnya ketersediaan unit akan dikirimkan pada Maret 2024.

"Kami belum memutuskan karena bergantung dari suplai produksi. Tapi saya rasa mungkin kami akan mencoba di Maret, sebelum Lebaran, di waktu itu kami ingin serah terima," kata Zeng Shuo.

Selain Tiggo 5X, kabarnya CSI masih punya tiga peluru mobil baru untuk diluncurkan tahun ini. Salah satunya adalah Tiggo8 Pro Max, lalu model Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV) dan yang terakhir belum dibeberkan bocorannya.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #chery #tiggo #meluncur #hadapi #daihatsu #rocky #toyota #raize #honda

KOMENTAR