Tanda-tanda Sepeda Motor Minta Dilakukan Servis Besar, Salah Satunya Kondisi Mesin Mulai Begini
Ilustrasi overhaul mesin sepeda motor. (Bear's Garage).
10:20
19 Oktober 2024

Tanda-tanda Sepeda Motor Minta Dilakukan Servis Besar, Salah Satunya Kondisi Mesin Mulai Begini

Servis besar pada sepeda motor sangat penting dilakukan, tujuannya untuk menjaga performa dan keandalan motor anda. Dalam servis besar ini, beberapa komponen akan diganti agar motor tetap mampu beroperasi dengan baik. 

Meski demikian, servis besar sendiri tidak bisa serta merta dilakukan. Perlu diagnosa dan saran dari mekanik sebelum disimpulkan apakah perlu dilakukan servis besar atau tidak. Selain itu, kita juga bisa merasakan tanda-tandanya. 

Tanda-tanda motor perlu servis besar dapat dikenali melalui beberapa petunjuk yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang dapat menunjukkan bahwa motor perlu dilakukan servis besar.

Performa Motor Menurun

Motor yang sudah lama digunakan atau memiliki jarak tempuh yang cukup tinggi mungkin akan mengalami penurunan performa.

Perhatikan jika motor tidak lagi memiliki akselerasi yang cepat, sulit untuk mencapai kecepatan tertentu, atau mengalami kendala saat menanjak, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa mesin motor membutuhkan perawatan lebih lanjut. 

Jadi Makin Boros

Mesin yang tidak berfungsi dengan baik atau memiliki komponen yang aus dapat mengakibatkan efisiensi bahan bakar yang buruk. Perhatikan jika anda sering harus mengisi bahan bakar lebih sering dari biasanya, meskipun tidak ada perubahan dalam pola penggunaan motor anda. 

Bunyi Mesin Kasar

Tanda-tanda selanjutnya, perhatikan jika anda mendengar bunyi berisik atau gemuruh yang tidak biasa saat mesin dinyalakan atau saat motor sedang berjalan.

Bunyi seperti ini dapat menandakan adanya masalah pada komponen mesin, seperti klep yang perlu disetel kembali atau ada kerusakan pada bagian piston. 

 

Mesin Lebih Panas 

Jika anda merasakan bahwa suhu mesin cenderung lebih tinggi dari biasanya, motor anda mungkin perlu servis besar. Mesin yang panas dapat menunjukkan adanya masalah pada sistem pendingin atau ada kebocoran pada cairan pendingin. 

Selain itu, perhatikan juga jika mesin motor anda sering mengeluarkan asap putih atau jika Anda melihat cairan pendingin bocor di bawah motor. 

Banyak Komponen Mulai Aus

Perhatikan juga kalau Anda melihat ada kerusakan pada komponen motor, seperti kebocoran minyak atau kerusakan pada komponen transmisi.

Jika terjadi kerusakan yang cukup parah pada mesin atau komponen motor lainnya, perbaikan yang diperlukan mungkin melebihi servis biasa dan memerlukan servis besar. 

Perubahan dalam Kebiasaan Berkendara

Terakhir, jika anda merasakan perubahan pada kebiasaan berkendara motor anda, seperti adanya getaran yang tidak biasa atau adanya masalah pada kopling, motor anda mungkin memerlukan servis besar.

Perhatikan jika ada perubahan pada perasaan saat mengendarai motor atau jika motor terasa tidak nyaman saat digunakan.  

Editor: Bayu Putra

Tag:  #tanda #tanda #sepeda #motor #minta #dilakukan #servis #besar #salah #satunya #kondisi #mesin #mulai #begini

KOMENTAR