Mobil Remaja dan ABG Tajir pada Masanya, Mengingat Lagi Kiprah Nissan Juke di Indonesia
Nissan Juke pernah terkenal di masanya. (Nissan).
16:44
17 Oktober 2024

Mobil Remaja dan ABG Tajir pada Masanya, Mengingat Lagi Kiprah Nissan Juke di Indonesia

Nissan Juke pertama kali hadir di Indonesia pada 2011 lalu. Saat itu, crossover atau SUV compact ini hadir menyasar market remaja, ABG tajir atau keluarga muda yang menginginkan mobil ringkas namun punya ground clearance tinggi.   Nissan Juke sendiri adalah mobil berjenis mini-crossover yang diluncurkan pada tahun 2010 oleh Nissan. Mobil ini memulai debutnya di ajang Geneva Motor Show 2010 pada bulan Maret, dan diperkenalkan di pasar Amerika Utara pada ajang New York International Auto Show 2010.   Di Indonesia, Nissan Juke mulai dipasarkan pada tanggal 1 Juni 2011 oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia. Tersedia dalam tipe RX dengan varian 'Black Edition' dan 'Red Edition'.  

  Nissan Juke sendiri terakhir kali diproduksi di Indonesia pada September 2018. Setelah itu, Nissan Juke resmi dihentikan penjualannya di Indonesia pada tahun 2020 mengingat penjualannya yang terus turun dari tahun ke tahun.   Nissan Juke tidak lagi diproduksi di Indonesia karena permintaannya yang terus menurun. Nissan juga memutuskan untuk fokus pada produk SUV dan MPV, seperti Livina, Terra, Serena, Navara, dan X-trail.   Nissan Juke yang dijual di Indonesia menggunakan mesin bensin HR15DE 1.500 cc 4 silinder segaris: Berdaya puncak 116 ps di 6.000 rpm, Torsi 148 Nm di 4.400 rpm, Transmisi Xtronic CVT.  

  Seperti sudah disinggung di atas, Nissan Juke yang dijual di Indonesia memiliki dua trim, yaitu RX dan Red. Model Red hanya tersedia di Indonesia dan memiliki beberapa perbedaan, seperti spoiler atap, warna gril, dan layar tampilan audio yang lebih besar.    Dari segi tampilan luar, tampak jelas bahwa Juke memang dibuat berbeda. Nissan Juke akan mencuri perhatian lewat keunikan desain crossover, hasil gabungan bentuk SUV dan mobil sport.    Bentuk landai di pilar depan dengan kaca depan yang dibentuk melengkung akan menghasilkan desain aerodinamis yang mendukung penghematan bahan bakar tanpa memengaruhi kenyamanan dan kelancaran berkendara.   Ciri khas mobil SUV terlihat pada Nissan Juke lewat ciri khas berupa garis bodi yang tinggi. Desain mesh grille yang bertautan, jelas memberikan sentuhan tersendiri dibandingkan SUV lain.   

  Adanya fitur Pedestrian Protection Body membuat kendaraan ini diklaim sangat aman bagi pengemudi dan pejalan kaki karena fitur penyerap benturan tersebut akan mencegah cedera pada pejalan kaki jika terjadi benturan.   Hal lain yang membedakan Juke dengan mobil brand lain atau bahkan varian lain dari Nissan adalah desain dashboard yang unik. Desain center console dibuat berdasarkan desain tangki motor sport sehingga tampilannya tidak hanya sporty tapi juga berbeda.    Dengan kombinasi warna dan lampu iluminasi untuk memperjelas pengoperasian, tampilan dashboard Juke begitu artistik. Selain itu, tata ruang di dalam kabin yang ekslusif, nyaman, dan lapang juga akan memudahkan pengendara.   

  Adanya Integrated Control System yang menggabungkan kontrol mode berkendara dan AC otomatis dijamin akan mempermudah pengoperasian.    Satu hal yang membuat Juke berbeda dari mobil lainnya adalah memiliki beragam mode berkendara, dari Eco, Normal, dan Sport. Jika Nissan Lovers berkendara dengan Eco Mode, tenaga mesin akan dibatasi untuk menghemat bahan bakar.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mobil #remaja #tajir #pada #masanya #mengingat #lagi #kiprah #nissan #juke #indonesia

KOMENTAR