NGK: Hati-hati Sekarang Busi Banyak Versi Palsu Bisa Siksa Kendaraan Anda, Ini Cara mebedakannya
Banyak beredar busi palsu dipasaran, konsumen jangan tergiur harga murah. (Foto: Dony)
09:20
10 Pebruari 2024

NGK: Hati-hati Sekarang Busi Banyak Versi Palsu Bisa Siksa Kendaraan Anda, Ini Cara mebedakannya

- Hal penting yang harus diketahui adalah fungsi utama busi mobil dan motor yang banyak disepelekan. Meskipun cara kerjanya sederhana tapi sangat penting. Bagi kendaraan konvensional, busi sebagai alat yang menghidupkan mesin kendaraan Anda.  

Ketika Anda memutar kunci pengapian, tugas busi menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar seperti bensin di dalam ruang pembakaran mesin mobil atau motor. 

Peran utama busi adalah mengubah energi listrik yang datang dari koil pengapian menjadi percikan api dan inilah titik awal dari proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang pembakaran mesin. 

Namun fungsi busi tidak berhenti di situ. Selain sebagai pemicu, busi juga menjaga mesin kendaraan tetap stabil saat kendaraan dalam keadaan diam dan berkontribusi pada performa keseluruhan mesin. 

Maka sangatlah penting milihan busi yang sesuai dengan kendaraan Anda, sebenarnya bisa dilihat melalui buku manual yang diberikan ke konsumen setiap melakukan pembelian kendaraan bermotor.

Menurut Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT NGK, cara lain bisa melalui website pabrikan produk kendaraan. Diko juga mengingatkan pemilik kendaraan harus jeli dan harus berhati-hati memilih busi, pasalnya nya banyak busi palsu yang beredar di pasaran.

"Biasanya yang menjadi aneh dilapangan adalah masalah harga, jangan tergiur dengan harga murah tapi kualitasnya bisa "menyiksa kendaraan Anda. Bahkan saat ini banyak busi merek kami yang dipalsukan," Ujar Diko saat acara Deep Talk bersama PT Niterra Mobility Indonesia pemilik merek Busi NGK.

Tak sedikit kebutuhan konsumen yang ingin komponen berkualitas tinggi, akan tetapi tak ingin bayar mahal untuk mendapatkan komponen berkualitas. Point ini yang menjadi peluang dan dimainkan oleh para pemalsu produk otomotif, termasuk busi.

Menurut Diko, busi kini cukup banyak versi palsunya. Pihak NGK sendiri memproduksi busi mulai dari nickel hingga MotoDX memiliki keunggulan tersendiri pada materialnya.

Bila dibedah lebin dalam, produk busi NGK menghadirkan lebih banyak perbedaan pada struktur busi dan proses manufaktur serta komponen yang berasal langsung dari Jepang.
 
Diko menjelaskan bahwa pada proses manufaktur busi NGK menggunakan serbuk khusus (Sealing Powder) yang berfungsi sebagai penguat struktur bentuk busi. Serbuk ini juga berfungsi untuk menahan kebocoran gas yang muncul dari ruang bakar. 

"Selain menggunakan serbuk khusus, proses merapatkan metal shell pada busi NGK juga menggunakan proses cold caulking dan disertai dengan Insulator yang di buat di Jepang," ujar Diko.

Bila dilihat secara detail menurut Diko, beberapa perbedaan membuat busi buatan NGK lebih baik. Sehingga usia pakai dan performa yang dihasilkan bisa dirasakan.

Dalam membedakan busi palsu dengan busi asli, selain lot number yang bisa dilihat secara kasat mata, dari feeling berkendara pun akan sangat berbeda. Pasalnya busi-busi palsu itu tanpa melaluiui proses riset yang jelas. 
 
Harganyapun memang sedikit lebih tinggi dibanding busi kompetitor, ini tidak telepas dari keunggulan Busi NGK yang memberikan jaminan kualitas jauh lebih baik. Terlihat seperti dari struktur dengan bahan khusus yang membuat busi lebih padat, komponen dan proses manufaktur standar kualitas Jepang.

Maka sebaiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti kerusakan pada mesin kendaraan, sebaiknya hindari menggunakan busi imitasi ataupun busi dengan struktur maupun komponen yang kurang baik agar performa kendaraan tetap prima. Semoga bermanfaat

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #hati #hati #sekarang #busi #banyak #versi #palsu #bisa #siksa #kendaraan #anda #cara #mebedakannya

KOMENTAR