Mengganti Piringan Cakram Lebih Besar Bisa Bikin Rem Motor Jadi Lebih Pakem, Emang Iya?
Ilustrasi: Cakram rem lebih lebar meningkatkan kemampuan pengereman. (RianAlfianto/JawaPos.com).
15:20
15 Oktober 2024

Mengganti Piringan Cakram Lebih Besar Bisa Bikin Rem Motor Jadi Lebih Pakem, Emang Iya?

- Rem cakram adalah jenis rem yang digunakan pada hampir seluruh sepeda motor dan mobil. Keunggulan rem cakram dibandingkan teromol antara lain adalah konsistensi pengereman pada suhu tinggi.   Produsen otomotif biasanya sudah menghitung performa pengereman dengan bobot dan performa kendaraan. Namun, jika kendaraan sudah dimodifikasi performanya, peranti pengereman juga harus disesuaikan.   Cara paling umum untuk meningkatkan performa pengereman adalah dengan mengganti cakram atau disc pengerman yang berdiameter lebih besar dari standarnya. Terlebih untuk sepeda motor, cakram lebar sudah tersedia untuk hampir semua model motor yang beredar di Indonesia.  

  Mengapa penggantian cakram lebih lebar bisa meningkatkan pengereman? Memang benar demikian?   Dilansir dari Deltalube, meningkatkan lebar cakram setara dengan meningkatkan panjang lengan kuasa pada pesawat sederhana. Semakin panjang lengan kuasa, semakin besar torsi atau gaya yang diberikan.    Dengan tekanan pengereman yang sama, cakram lebar memberikan gaya pengereman yang lebih besar. Selain itu, cakram yang lebih lebar juga memiliki ruang pelepasan panas yang lebih baik.    Ketika suhu cakram dan kampas rem sudah terlalu tinggi, rem bisa blong karena tidak terjadi gesekan sebagaimana mestinya. Dengan cakram lebar, ruang pelepasan panas yang lebih baik dapat membantu mendinginkan suhu cakram dan kampas rem sehingga performa pengereman tetap optimal.  

  Namun perlu diperhatikan bahwa penggantian cakram lebar menuntut perubahan pada bracket kaliper. Oleh karena itu, pastikan kita membeli cakram yang disertai dengan bracket kaliper yang sesuai dengan kendaraan kita.    Hal ini akan membantu memastikan bahwa pemasangan cakram yang lebih lebar dilakukan dengan benar dan aman untuk kendaraan. Jadi, mengganti cakram standar dengan cakram yang lebih lebar dapat meningkatkan performa pengereman pada sepeda motor.    Dengan gaya pengereman yang lebih besar dan ruang pelepasan panas yang lebih baik, cakram lebar dapat membantu mengoptimalkan performa pengereman kendaraan. Namun, pastikan untuk memperhatikan bracket kaliper yang sesuai untuk memastikan pemasangan cakram yang lebih lebar dilakukan dengan benar dan aman untuk kendaraan kita.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengganti #piringan #cakram #lebih #besar #bisa #bikin #motor #jadi #lebih #pakem #emang

KOMENTAR