Apple Vision Pro Dibongkar, Sangking Canggihnya Jeroannya Jadi Rumit Banget
Ilustrasi: Jeroan Apple Vision Pro saat dibongkar. (iFixit)
14:20
6 Februari 2024

Apple Vision Pro Dibongkar, Sangking Canggihnya Jeroannya Jadi Rumit Banget

Apple belum lama ini mengungkapkan perangkat headset VR atau Virtual Reality-nya ke pasaran yang diberi nama Vision Pro. Salah satu fitur Vision Pro yang paling menarik tidak diragukan lagi adalah tampilan EyeSight-nya.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna memproyeksikan tampilan visual mata Anda agar lebih terhubung dengan orang-orang di dunia nyata. Karena kontak mata sangat penting baik nyata maupun virtual, hal ini menjadi perhatian Apple dalam pengembangan perangkat tersebut.    Seperti yang ditemukan iFixit dalam pembongkarannya, ternyata Apple memanfaatkan efek 3D stereoskopis sebagai upaya untuk membuat mata virtual Anda terlihat lebih hidup. Dibandingkan dengan output "datar" konvensional pada panel OLED melengkung, konsep demikian membuat headset VR ini tampak lebih canggih.  

  Hal ini dicapai dengan menumpuk lapisan optik yang melebar dan lapisan lensa lentikular di atas layar OLED, itulah sebabnya panel tersebut akan terlihat "mata yang terjepit secara aneh". Sifat optik dari lapisan yang ditambahkan juga menjelaskan keluaran redup tampilan EyeSight.    Meskipun iFixit belum melakukan analisis lebih lanjut sebelum dapat memberikan skor kemampuan perbaikan pada Vision Pro, sejauh ini kita telah mengetahui bahwa panel kaca depan "membutuhkan banyak panas dan waktu" untuk terlepas dari bodi utama.    Meskipun demikian, desain modular secara keseluruhan, terutama speaker dan baterai eksternal dikatakan memberi beberapa poin tambahan. Seperti bisa dilihat pada gambar, jeroan Apple Vision Pro begitu rumit dan kompleks.  

  Paket baterainya besar dan kuat, terdiri dari tiga baterai berukuran iPhone yang digabungkan untuk menghasilkan daya 35,9 Wh yang mengesankan, lebih dari dua kali lipat 17,3 Wh dari iPhone 15 Pro. Untuk masuk ke dalam kotak yang beratnya 353 gram itu, perlu melunakkan lem, melepaskan beberapa klip logam, dan memutar sekrup Torx.    iFixit juga memperhatikan sifat modular dari headset ini. Speaker dapat dilepas dengan mudah, namun sebaiknya jangan mencoba masuk ke dalam perangkat. iFixit menganggapnya hampir sama sulitnya dengan sepasang AirPods Pro.   

  Vision Pro diketahui mengemas chip M2, bersama dengan beberapa silikon AR khusus, menjadi sesuatu yang dapat dikenakan di wajah.    Kesimpulan dari pembongkaran ini adalah Anda tidak boleh mencobanya di rumah. Vision Pro tidak dibuat agar mudah dibongkar, dan mencoba melakukannya kemungkinan besar akan mengakibatkan perangkat rusak.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #apple #vision #dibongkar #sangking #canggihnya #jeroannya #jadi #rumit #banget

KOMENTAR