Teknologi Makin Canggih, Kominfo Yakin Tak Ada Kecurangan di Pemilu 2024
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi saat berada di Makassar, Kamis, 1 Februari 2024 [SuaraSulsel.id/Lorensia Clara Tambing]
18:16
5 Februari 2024

Teknologi Makin Canggih, Kominfo Yakin Tak Ada Kecurangan di Pemilu 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi memastikan tidak akan ada kecurangan di pemilihan umum maupun pemilihan pilpres 2024, alias Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Menkominfo menilai kalau hal itu beriringan dengan teknologi digital yang makin canggih serta akses internet dan telekomunikasi yang sudah merata di Indonesia.

"Saya yakin dengan kemajuan teknologi ini semuanya serba cepat, serba transparan, mau curang dari mana, pasti langsung divideokan dan viral kalau ada intimidasi atau kecurangan," kata Budi Arie, dikutip dari siaran pers Kominfo, Senin (5/2/2024).

Dia mencontohkan kalau masyarakat kini mulai memanfaatkan media sosial. Nantinya usai perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemilih pasti bakal memfoto Formulir C1 dan menyebarkan melalui media sosial.

Sehingga, katanya, tidak ada peluang bagi siapa pun untuk mengubah hasil tersebut.

"Sistem, teknologi, sudah lebih maju, partisipasi masyarakat tinggi, kan di TPS difotoin semua itu C1. Formulir C1 820 ribu TPS pasti akan ada semua," beber dia.

Budi Arie pun meminta masyarakat untuk tetap menjaga kredibilitas lembaga penyelenggara Pemilu. Menkominfo juga mendorong masyarakat mengawasi jalannya Pemilu serta tidak menyebarkan narasi negatif.

"Yang dirugikan adalah kredibilitas lembaga penyelenggara Pemilu, demokrasi kita yang rugi, sekarang ini saatnya untuk sama-sama masyarakat mengawasi," ajak dia.

Lebih lanjut dia meminta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu memastikan semua pemilih dapat menggunakan hak pilih dengan baik. Budi Arie juga mengajak semua pemilih untuk menggunakan hak pilih dalam Pemungutan Suara Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Kami mengharapkan saatnya kedaulatan rakyat ini diwujudkan dengan mendatangi TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya," tandasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #teknologi #makin #canggih #kominfo #yakin #kecurangan #pemilu #2024

KOMENTAR