Teknologi Psikometri Indonesia Dikenal Dunia, Platform Ini Unjuk Gigi di Ajang Global ICAL 2024 di Bali
Teknologi Psikometri Indonesia diperkenalkan kepada dunia di acara ICAL 2024. (Istimewa).
14:44
12 Oktober 2024

Teknologi Psikometri Indonesia Dikenal Dunia, Platform Ini Unjuk Gigi di Ajang Global ICAL 2024 di Bali

– Bukti bahwa talenta-talenta digital di Indonesia bisa bersaing dengan negara lain adalah saat ini mulai banyak platform digital atau aplikasi rintisan lokal yang bermunculan.

Kehadirannya juga bisa dirasakan dan bersaing dengan aplikasi-aplikasi lain bikinan luar di berbagai kategori.

Salah satunya adalah Talentlytica, perusahaan solusi assessment online berbasis data dan analytics di Indonesia.

Mereka menegaskan komitmennya dalam memajukan dunia asesmen dengan berpartisipasi aktif dalam konferensi internasional bergengsi, International Conference on Assessment and Learning (ICAL) 2024 pada 10–12 Oktober 2024 di The Anvaya Bali, Indonesia.

Agenda tersebut menjadi ajang bagi para ahli dan praktisi pendidikan dari 18 negara untuk berbagi pengetahuan dan inovasi terkini di bidang asesmen.

ICAL 2024 yang diselenggarakan oleh Australian Council for Educational Research (ACER) telah berdiri lebih dari lebih dari 90 tahun sebagai tim peneliti independen. ACER telah berkembang menjadi salah satu organisasi penelitian pendidikan terkemuka di dunia.

Novita Sari, Talent Scientist di Talentlytica menyebut pihaknya senang mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil risetnya yang inovatif tentang Pauline Test.

Presentasi Novita yang berjudul, “Psychometric Properties of the Pauline Test: A Next Generation Work Aptitude Test on the Talentlytica Platform,” menyoroti proses pengembangan dan validasi yang ketat di balik Pauline.  

“Dikembangkannya Pauline merupakan bukti komitmen Talentlytica dalam memanfaatkan data dan teknologi untuk menciptakan solusi asesmen inovatif, yang dapat membantu organisasi dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi terbaik sumber daya manusianya.” ujar Novita lewat keterangannya.

Menurut dia, riset Talentlytica menunjukkan bahwa Pauline yang merupakan inovasi dari Tes Pauli konvensional.

Tidak hanya reliabel dan valid, tetapi juga menawarkan keuntungan praktis yang signifikan dibandingkan alat ukur konvensional berbasis kertas. Seperti proses penilaian yang lebih cepat, akurat, dan memberi pengalaman menarik bagi peserta.

Kehadiran Novita sebagai ahli psikometri berpengalaman di konferensi internasional ini menunjukkan kualitas dan dedikasi tim Talentlytica dalam menciptakan solusi asesmen yang tidak hanya canggih. Tetapi juga relevan dengan kebutuhan dunia kerja modern.

ICAL 2024 merupakan konferensi kolaborasi antara ACER-Indonesia, HEPI, APSIMETRI, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Konferensi ini mengangkat tema Learning from Evidence: Assessing Progress and Impact

Tema ini mencerminkan fokus konferensi dalam meningkatkan kualitas asesmen sebagai alat untuk mengukur kemajuan dan dampak dari sebuah program pendidikan.

Partisipasi Talentlytica di ICAL 2024 diklaim tidak hanya mengukuhkan posisi Talentlytica sebagai inovator terdepan di sektor teknologi HR. Tetapi juga menunjukkan kiprahnya di kancah internasional dalam menyediakan solusi asesmen berkualitas tinggi.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #teknologi #psikometri #indonesia #dikenal #dunia #platform #unjuk #gigi #ajang #global #ical #2024 #bali

KOMENTAR