Fakta-fakta Golongan Darah P, Golongan Darah Baru dan Langka Ditemukan di China
Ilustrasi darah. (Pixabay) - Fakta-fakta Golongan Darah P, Golongan Darah Baru dan Langka Ditemukan di China
16:40
10 Januari 2024

Fakta-fakta Golongan Darah P, Golongan Darah Baru dan Langka Ditemukan di China

Tahukah kalian ada golongan darah baru? Golong darah langka P ditemukan oleh Rumah Sakit di China selama tes rutin golongan darah. Kira-kira, seperti apa fakta golongan darah P yang cukup langka ini? 

Dikutip dari South China Morning Post, kombinasi baru dari molekul-molekul yang sangat penting bagi kehidupan manusia ini terdeteksi ada pada sampel golongan darah yang sangat langka di sebuah rumah sakit di China bagian timur. 

Golongan darah P sendiri ditemukan pada tahun 1927, dan sampelnya terbagi menjadi lima subtipe, bergantung pada antigen dalam permukaan sel darah merahnya. Golongan darah langka P yang lebih sering ditemukan yakni P1 dan P2.

Sementara P1k, P2k, dan P sangat jarang dijumpai. Golongan darah ini memang kurang diketahui oleh sebagian besar penduduk di dunia. Mengingat golongan darah mereka pada umumnya adalah ABO dan Rh. 

Fakta-fakta Golongan Darah P

Inilah beberapa fakta seputar golongan darah P yang menarik untuk disimak. 

1. Hanya Menerima Transfusi dari Jenis yang Sama

Cao Guoping pernah mengatakan bahwa seorang individu dengan golongan darah langka ini, deteksi dini sangat memerlukan persiapan diri dengan lebih baik.

Dengan deteksi dini, orang dengan golongan langka ini dapat mempersiapkan transfusi darah serta potensi krisis terkait dengan lebih baik.

Pasalnya, golongan darah tipe P hanya bisa menerima transfusi dari jenis yang sama. Untuk itu, para ahli sangat mewanti-wanti terkait keselamatan ibu hamil dan bayinya. 

2. Satu Banding Sejuta

Dilansir South China Morning Post (SCMP), seseorang dengan golongan darah P ditemukan selama tes darah rutin pada tahun lalu di sebuah rumah sakit di Taizhou, Provinsi Jiangsu.

“Hanya ada sekitar 12 kasus yang terdokumentasi terkait orang-orang dengan golongan darah P di Tiongkok, jenis yang frekuensinya lebih rendah dari satu banding sejuta,” dikutip SCMP, Rabu (10/1/2023).

3. Punya 5 Subtipe

Golongan darah langka tipe P ini memiliki lima subtipe, diantaranya P1, P2, P1k, P2k, dan p. Meski demikian, subtipe yang lebih sering dijumpai yaitu subtipe P1 dan P2, sedangkan yang lainnya sangat jarang. 

4. Nukleotida Belum Pernah Terdeteksi Sebelumnya

Staf di Rumah Sakit Rakyat Taixing dilaporkan bahwa telah menyerahkan urutan genetik orang bergolongan darah P ke database urutan GenBank. Itu adalah basis data terbuka yang dikelola oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, Amerika Serikat.

Pada Desember 2023 lalu, pusat AS mengatakan urutan nukleotida yang ada dalam sampel belum pernah terdeteksi sebelumnya di mana pun di dunia ini. Nukleotida yaitu salah satu molekul kecil yang membentuk DNA dan RNA, asam nukleat yang membawa informasi genetik.

Itulah ulasan menarik seputar fakta golongan darah P yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #fakta #fakta #golongan #darah #golongan #darah #baru #langka #ditemukan #china

KOMENTAR