Teyin TX150, Sepeda Motor Buatan Tiongkok Plek-Ketiplek Tiru Desain Yamaha XMax
Motor matic Tiongkok mirip Yamaha XMax. (2banh.vn)
17:12
8 Oktober 2024

Teyin TX150, Sepeda Motor Buatan Tiongkok Plek-Ketiplek Tiru Desain Yamaha XMax

- Bukan rahasia lagi pabrikan otomotif Tiongkok kerap meniru atau bahkan menjiplak produk-produk yang lebih dulu populer di pasaran. Dan, yang sering kena jiplak adalah produsen Jepang. Beberapa juga dari Eropa dan Amerika Serikat.

Tidak hanya mobil, di sepeda motor juga demikian. Indonesia bahkan pernah jadi saksi dimana produk-produk otomotif roda dua asal Tiongkok yang merupakan tiruan dari merek Jepang pernah hadir di awal 2000-an silam.

Kebiasaan tersebut tampaknya masih berlangsung sampai hari ini. Motor-motor asal Tiongkok banyak yang meniru, seperti yang paling baru adalah Teyin TX150. Motor tersebut merupakan motor matic atau skutik 150 cc yang bentuknya plek-ketiplek sama dengan Yamaha XMax 300 dan 250 cc yang dijual di Eropa dan Indonesia.

Dilansir dari 2Bahn, pada pameran China Motor Show 2024, Teyin baru saja memperkenalkan dua model skutik terbarunya, TX150 dan TT250. Secara khusus, TX150 dianggap sebagai model skuter sport dengan bahasa desain yang sangat mirip dengan model Yamaha XMax 300.

Dari segi desain, TX150 diklaim menjadi pilihan ideal bagi kaum muda yang mencari model mobil yang tidak hanya nyaman tetapi juga berkarakter kuat dan sporty. Garis-garis yang tajam dan terpotong menciptakan kesan yang mengesankan.

Dilihat dari bagian depan, bisa dilihat bahwa TX150 memiliki bahasa desain yang sangat mirip dengan model XMax 300 milik Yamaha. Kemiripan juga tampak sangat terlihat dari sisi samping hingga ke bagian belakang di area tail light-nya. Persis sama.

TX150 disebut memiliki banyak fitur unggulan seperti dashboard digital TFT yang membantu menampilkan informasi lengkap tentang kecepatan, bahan bakar, dan mode berkendara.

Motor ini juga sudah dibekali fitur start tanpa kunci merupakan nilai tambau. Selain itu, sistem kontrol traksi membantu kendaraan beroperasi lebih stabil di berbagai medan.

Soal tenaga, menurut pengumuman pabrikan, mesin TX150 diyakini bisa menghasilkan 15,6 tenaga kuda. Perusahaan juga mengungkapkan mesinnya tidak hanya bertenaga tetapi juga irit bahan bakar.

TX150 juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS 2 saluran, sehingga menjamin keselamatan pengemudi saat berkendara di jalan licin maupun saat melakukan pengereman mendadak.

Saat ini Teyin belum mengumumkan harga jual resmi model skutik TX150 tersebut. Namun sebagai model mobil asal Tiongkok, harga jual Teyin TX150 tentunya akan berada pada level yang menarik dengan teknologi yang melimpah serta desain yang berani, modern, dan sporty. Walaupun itu tadi, bentuknya terkesan menjiplak merek lain.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #teyin #tx150 #sepeda #motor #buatan #tiongkok #plek #ketiplek #tiru #desain #yamaha #xmax

KOMENTAR